Narasi Dakwah dalam Film Pendek 3T (Tafakur, Tadabur, Tasyakur) Karya Jejak Cinema
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.21Keywords:
narasi dakwah, film, tafakur, tadabur, tasyakurAbstract
Dakwah melalui film mesti diproduksi berdasarkan narasi yang terkonstruksi dengan baik. Alih-alih efektif menyampaikan pesan dakwah, bisa jadi mad'uw hanya akan menikmati cerita namun mengabaikan pesan dakwahnya. Jejak Cinema berhasil memproduksi film berjudul 3T (Tafakur, Tadabur, Tasyakur) yang sarat muatan pesan dakwah dalam konstruksi narasinya. Tak pelak film itu mendapatkan impresi positif dari mad'uw. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan narasi dakwah dalam film itu guna ditarik pelajaran bagi filmmaker dakwah lainnya. Menggunakan konsep narasi dakwah sebagai pisau analisis, film itu dikaji berdasarkan pendekatan kualitatif berjenis deskriptif, serta ditunjang teknik peningkatan ketekunan untuk menguji keabsahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa narasi dakwah dalam film "3T (Tafakur, Tadabur, Tasyakur)" membawa audiens untuk merefleksikan peran Sabar sebagai tokoh utama muslim miskin yang bertafakur dan bertadabur secara mendalam tentang dampak mencuri. Melalui tafakur dan tadabur yang diperankan oleh Sabar, film itu mengajak audiens untuk mensyukuri nikmat yang dimiliki. Artinya ekspresi rasa syukur merupakan hasil dari perenungan dan pemikiran yang mendalam. Selain itu, narasi dakwah disusun dengan alur maju-mundur guna memperdalam pengalaman tafakur dan tadabur. Pilihan tokoh dan latar disusun secara logis untuk mempertahankan kausalitas alur, memungkinkan audiens terhanyut dalam cerita, sehingga pesan dakwah tetap efektif tersampaikan dan menciptakan kesan positif mad'uw terhadap Islam.
Downloads
References
Askiyati, Fitri. “Studi Narasi Tzvetan Todorov Dalam Film Tiga Srikandi.” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2021. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55053.
Auziah, Sarah. “Analisis Naratif Peran Ayah Dalam Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini (Analisis Model Tzevetan Todorov).” Universitas Islam Riau, 2021. https://repository.uir.ac.id/11237/.
Azizi, Muhammad Hildan. “Struktur Narasi Berbagi Kepada Sesama Dalam Semiotika TV Commercial (TVC) Lazismu.” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 4, no. 2 (2021): 85–103. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jail.v4i2.4320.
Baynham, Mike. “Narrative and Space/Time.” In The Handbook of Narrative Analysis, 117–39. Wiley, 2015. https://doi.org/10.1002/9781118458204.ch6.
Chatman, Seymour. Story and Discourse: Narrative Structure in Fiction and Film. Cornell University Press. New York: Cornell University Press, 1978. https://doi.org/10.2307/430732.
Elsha, Debby Dwi. “Menengok Kelemahan Perfilman Indonesia.” Jurnal Ilmu Komunikasi AKRAB 2, no. 2 (2017): 230–50. http://ojs.akrb.net/index.php/akrab/article/view/46.
Eriyanto. Analisis Naratif: Dasar-Dasar Dan Penerapannya Dalam Teks Berita Media. Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.
Harianto, Yudi Asmara. “Tahapan Pembentukan Keterampilan Penulisan Narasi Dakwah Bagi Pemula.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2023): 99–116. https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i1.1.
Huang, Kate Y., Helene H. Fung, and Peifeng Sun. “The Effect of Audience–Character Similarity on Identification with Narrative Characters: A Meta-Analysis.” Current Psychology, June 29, 2023, 1–18. https://doi.org/10.1007/S12144-023-04842-4/METRICS.
Keraf, Gorys. Argumentasi Dan Narasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1982.
Mubasyaroh. “Film Sebagai Media Dakwah (Sebuah Tawaran Alternatif Media Dakwah Kontemporer).” AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 2, no. 2 (2014): 1–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/at-tabsyir.v2i2.505.
Priadana, Adri, and Aris Wahyu Murdiyanto. “Analisis Naratif Sebagai Kajian Teks Pada Film.” Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan 24, no. 1 (June 2, 2020): 59–70. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i1.118.
“Program Keluarga Harapan (PKH).” Kemensos RI, 2019. https://kemensos.go.id/program-keluarga-harapan-pkh.
Riedl, M. O., and R. M. Young. “Narrative Planning: Balancing Plot and Character.” Journal of Artificial Intelligence Research 39 (September 29, 2010): 217–68. https://doi.org/10.1613/jair.2989.
“‘SARE’ MAN 1 Prabumulih Juara 1 Tingkat Nasional.” Kanwil Kemenag Sumsel, 2020. https://sumsel.kemenag.go.id/berita/view/1366971/sare-man-1-prabumulih-juara-1-tingkat-nasional.
“Selamat Kepada Para Juara Islamic Animated Short Movie Competition!” Kanwil Kemenag Sumsel, 2021. https://www.instagram.com/p/CTB3TyXFHRZ/.
“SHORT MOVIE 3T (Tafakur,Tadabur,Tasyakur) || KFPI 2022.” Jejak Cinema, 2022. https://youtu.be/zc5WyKwHrGM?si=G6SNylQoqJ-mMzhE.
Tarigan, Andre Bastian. “Analisis Naratif Toleransi Umat Beragama Dalam Film Pendek Maker Muslim‘Living With Muslim.’” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/55209.
Todorov, Tzvetan. Tata Sastra. Edited by Okke K. S. Zaimar, Apsanti Djokosuyatno, and Talha Bachmid. Jakarta: Penerbit Djambatan, 1985.
———. “The 2 Principles of Narrative.” Diacritics 1, no. 1 (1971): 37. https://doi.org/10.2307/464558.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Delvira Amelia, Muhammad Hildan Azizi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.