Model Komunikasi Dakwah Antarbudaya Muhammad Yunus Konteks Budaya Purdah pada Masyarakat Jobra

Authors

  • Siti Syifatul Khadayah STID Al-Hadid
  • Lina Masruuroh STID Al-Hadid Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i2.96

Keywords:

Model Komunikasi Dakwah antarbudaya, Muhammad Yunus, Budaya Purdah

Abstract

Dalam berdakwah, tidak menutup kemungkinan dai menjumpai mad’uw yang memiliki latar belakang berbeda, khususnya perbedaan budaya. Hal ini menjadi tantangan tersendiri dalam berdakwah. Guna meminimalisir tantangan tersebut perlu bagi dai untuk mempertimbangkan budaya mad’uw untuk dijadikan asumsi dalam pemilihan model komunikasi dakwah antarbudaya. Muhammad Yunus dalam upayanya mengentaskan kemiskinan, dia mendirikan bank grameen dan berupaya mengajak masyarakat untuk menjadi nasabahnya. Upaya dakwah yang dilakukan Muhammad Yunus termasuk dalam dakwah bil hal. Dalam pelaksanaannya, Muhammad Yunus mengalami pertentangan budaya di Desa Jobra Bangladesh. Budaya purdah di sana tidak mengizinkan perempuan bertemu laki-laki di luar keluarganya dan tidak mengizinkan perempuan untuk mengelola bahkan memegang keuangan.  Pertentangan terjadi mulai dari para muallah dan suami dari perempuan di desa. Namun, semua pertentangan tersebut berhasil dilalui Muhammad Yunus dengan berbagai upaya komunikasi yang mempertimbangkan budaya purdah. Tujuan kajian ini adalah untuk mengidentifikasi model komunikasi dakwah antarbudaya Muhammad Yunus dalam konteks budaya Purdah pada masyarakat Jobra di Bangladesh. Guna mendapatkan tujuan tersebut digunakanlah metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka sejarah yang dianalisis menggunakan lima model komunikasi budaya Kinast dkk. Berdasarkan hasil kajian, model strategi yang dilakukan Muhammad Yunus dalam komunikasi dakwah antarbudaya yaitu adaptation, dominance, inovation, dan adanya model lain yaitu mengikuti untuk mempertahankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alatas, Raisa. “Perspektif komunikasi antar budaya dalam dakwah (Studi Komunikasi Dakwah Antara Arab Hadramaut dan Etnis Kaili di Kota Palu, Sulawesi Tengah).” Thesis, UNS (Sebelas Maret University), 2016. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/57290/Perspektif-komunikasi-antar-budaya-dalam-dakwah-Studi-Komunikasi-Dakwah-Antara-Arab-Hadramaut-dan-Etnis-Kaili-di-Kota-Palu-Sulawesi-Tengah.

Amin, Sajeda. “The Poverty–Purdah Trap in Rural Bangladesh: Implications for Women’s Roles in the Family.” Development and Change 28, no. 02 (t.t.): 213–33. Diakses 5 Juli 2025. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1111/1467-7660.00041.

Anas, Ahmad, dan Hendri Hermawan Adinugraha. “Dakwah Nabi Muhammad Terhadap Masyarakat Madinah Perspektif Komunikasi Antarbudaya.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 11, no. 1 (2017): 1. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1356.

Ariyanto, Budi. “Dinamika komunikasi dakwah antarbudaya: Studi fenomenologi pada mubaligh di Yayasan Kasih Palestina Lampung.” Masters, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020. https://digilib.uinsgd.ac.id/31731/.

Carey, James W. Communication as Culture: Essays on Media and Society. Psychology Press, 1992.

Endarwati, Budi Mei, dan Lina Masruuroh. “Berdakwah Lewat Kidung (Model Komunikasi Budaya Sunan Kalijaga).” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 3, no. 1 (2025): 113–38. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i1.59.

Free To Choose Network, dir. Muhammad Yunus Attacks Poverty with Microcredit. 2013. 02:01. https://www.youtube.com/watch?v=exRRZcNS8yg.

Istiqomalia, Yuntarti. “Komunikasi Dakwah dengan Pertimbangan Sosiologis.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (2024): 1. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.25.

Jamil, Mukhsin. Dakwah Kultural: Paradigma dan Model Dakwah di Era Multikultural. Walisongo Press, 2003.

Kabeer, Naila. Reversed Realities: Gender Hierarchies in Development Thought. Verso, 1994.

Kinast, Eva-Ulrike, Sylvia Schroll-Machl, dan Alexander Thomas, ed. Handbook of Intercultural Communication and Cooperation: Basics and Areas of Application. 2 ed. Vandenhoeck & Ruprecht, 2010. https://doi.org/10.13109/9783666403279.

Krisdianto, Didit. “Dakwah Muhammad Yunus dalam Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan: (Studi Kasus Awal Pendirian Bank Grameen di Bangladesh).” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2023): 117–36. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.9.

Muhammad Yunus, dir. Grameen Bank at a Glance. 2011. 05:31. https://www.youtube.com/watch?v=MgYes4bA7oM.

Musdhalifah, dan Yuntarti Istiqomalia. “Komunikasi Dakwah Walisongo Berlandaskan Budaya Kepada Masyarakat Jawa Pra-Islam.” Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences 5, no. 3 (2024): 3. https://doi.org/10.33367/ijhass.v5i3.5768.

Papanek, Hanna. “Purdah: Separate Worlds and Symbolic Shelter.” Comparative Studies in Society and History 15, no. 3 (1973): 289–325. https://www.jstor.org/stable/178258.

Shihab, Alwi. Islam Inklusif: Menuju Sikap Terbuka dalam Beragama. Mizan, 2001.

ThamesTv, dir. Natural Disaster | Bangladesh Famine | Bangladesh Floods | This Week | 1974. 2018. 25:40. https://www.youtube.com/watch?v=TbjPPSYNWJ0.

Wahyuni, Sri. “Psikologi Komunikasi dalam Dakwah Pemberdayaan: Studi Program Grameen Bank oleh Muhammad Yunus.” INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 5, no. 2 (2023): 2. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i2.270.

Yunus, Muhammad. Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan. Gramedia Pustaka Utama, 2008.

Yunus, Muhammad, dan Alan Jolis. Bank kaum miskin. 2 ed. Marjin Kiri, 2013.

Yunus, Muhammad, dan Alan Jolis. Banker to The Poor: The Story of The Grameen Bank. Aurum Press, 2013.

Published

2025-08-01

How to Cite

Khadayah, S. S., & Masruuroh, L. (2025). Model Komunikasi Dakwah Antarbudaya Muhammad Yunus Konteks Budaya Purdah pada Masyarakat Jobra. Bilhikmah, 3(2), 551–574. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i2.96

Issue

Section

Articles