Teknik Komunikasi Persuasif Aa Gym Melalui YouTube dalam Mengajak Kebiasaan Baru pada Awal Pandemi Covid-19 di Indonesia

Authors

  • Lina Masruuroh STID Al-Hadid Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.12

Keywords:

Teknik komunikasi persuasif, Aa Gym, pandemi Covid-19, YouTube

Abstract

Tulisan ini mengkaji tentang teknik komunikasi persuasif Aa Gym yang merupakan salah satu dai yang cukup aktif mengedukasi pada konteks awal pandemi Covid-19. Ketika awal sosialisasi kebiasaan baru, semua kegiatan termasuk kegiatan beribadah dilaksanakan di rumah saja. Ajakan beribadah di rumah saja pada saat pandemi Covid-19 ini tidak mudah dilakukan bagi umat Islam yang sudah terbiasa melakukan ibadah bersama di masjid. Pijakan teori yang digunakan adalah teori teknik komunikasi persuasif Onong U. Effendy. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan studi dokumen. Data dikumpulkan melalui dokumentasi dan observasi channel resmi Aagymofficial di media sosial YouTube. Hasil studi menunjukkan Aa Gym menggunakan empat teknik komunikasi persuasif dari lima teknik yang dikemukakan Effendy. Dari teknik tersebut penggunaan teknik yang mendominasi adalah teknik integrasi yang selalu digunakan pada video yang tayang diawal pandemi Covid-19 tersebut. Teknik integrasi dianggap paling sesuai dengan konteks awal pandemi yang sifatnya baru dan berimbas pada seluruh elemen masyarakat. Spesifiknya pada konteks ini persuade dan persuader sama-sama menghadapi situasi baru dan harus segera beradaptasi dengan kebiasaan baru. Sehingga kedepan jika menjumpai situasi yang mirip pengguanaan teknik integrasi ini sangat disarankan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aa Gym Ikut fatwa MUI terkait Sholat saat Wabah Virus Corona, 2020. https://www.youtube.com/watch?v=c_QH03Jqjck.

Ahmad, Yousef Bani. “Retorika Komunikasi Aa Gym dalam Kajian Al-Hikam” 3, no. 2 (2022).

Asmaya, Enung. Aa Gym, dai sejuk dalam masyarakat majemuk. PT Mizan Publika, 2003.

Dalimunthe, Syah Ahmad Qudus. “Terminologi Dakwah Dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 1 (13 Februari 2023): 1415–20. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5436.

Dia, Kelaut, dan Sri Wahyuni. “Teknik Komunikasi Persuasif Buya Yahya Pada Ceramah ‘Apa Dan Bagaimana Hijrah Itu?’” Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam 19, no. 1 (2021). https://doi.org/10.30762/realita.v19i1.3411.

Effendy, Onong Uchjana. Dinamika komunikasi. Cet. 7. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Harianto, Yudi Asmara. “Mendefinisikan Ulang Komunikais Persuasif.” OSF Preprints, 3 Agustus 2022. https://doi.org/10.31219/osf.io/sdzn8.

HASANAH, USWATUN. “ANALISIS WACANA PESAN PERSUASIF PENDAKWAH DALAM PEMILIHAN PRESIDEN 2019 PADA AKUN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @yusufmansurnew @aagym @felixau.” S1, Universitas Mercu Buana Jakarta, 2020. https://repository.mercubuana.ac.id/68218/.

Hefni, Harjani. “Makna Dan Aktualisasi Dakwah Islam Rahmatan Lil‘Alamin Di Indonesia.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 11, no. 1 (30 Juni 2017): 1–20. https://doi.org/10.15575/idajhs.v11i1.1438.

Husin, Alfiansyah. “KOMUNIKASI PERSUASIVE :” Mukammil : Jurnal Kajian Keislaman 5, no. 1 (1 November 2022): 39–55. http://ejournal.alkhoziny.ac.id/index.php/mukammil/article/view/154.

Jaya, Indra. “Penguatan Sistem Kesehatan Dalam Pengendalian COVID-19 – P2P Kemenkes RI.” p2p.kemkes, Desember 2021. http://p2p.kemkes.go.id/penguatan-sistem-kesehatan-dalam-pengendalian-covid-19/.

Khotimah, Wininda Qusnul, dan Sri Mustika. “Instagram and a Aa Gym’s Persuasive Communication During the Covid-19 Pandemic,” 219–23. Atlantis Press, 2021. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211121.052.

LIVE | Langkah Daarut Tauhiid dalam menghadapi Virus Corona | 15 Maret 2020, 2020. https://www.youtube.com/watch?v=3VasNjHYdJ8.

LIVE !!! Ikuti & Patuhi Fatwa MUI & 4 Amalan Akhlak mendapatkan “RUMAHKU SYURGAKU,” 2020. https://www.youtube.com/watch?v=S-SuddguF6k.

M., Yunus. “Kamus Arab Indonesia.” Jakarta: Hidakarya Agung, 1989.

Majelis Ulama Indonesia. “FATWA NO 14 TAHUN 2020 – PENYELENGGARAAN IBADAH DALAM SITUASI TERJADI WABAH COVID-19,” 17 Maret 2020. https://mui.or.id/berita/27674/fatwa-penyelenggaraan-ibadah-dalam-situasi-terjadi-wabah-covid-19/.

Morissan. Riset Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2017.

Pro dan Kontra terkait Fatwa MUI | Bagaimana Menyikapi Fatwa MUI Terkait Wabah Covid 19 ?, 2020. https://www.youtube.com/watch?v=SwHVBsJPZXc.

Rizky, Fasha Umh, dan Nur Syam. “Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementerian Agama dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama.” Jurnal Ilmu Komunikasi 11, no. 1 (1 April 2021): 16–33. https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33.

Zaman, Toyiz. “Pesan Dakwah Persuasif Ustadz Abdullah Gymnastiar Di Kanal Youtube : Kajian Al-Hikam Tentang Cara Terbaik Menyikapi Persoalan Hidup.” Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019. http://digilib.uinsa.ac.id/35475/.

Published

2023-07-22

How to Cite

Masruuroh, L. (2023). Teknik Komunikasi Persuasif Aa Gym Melalui YouTube dalam Mengajak Kebiasaan Baru pada Awal Pandemi Covid-19 di Indonesia. Bilhikmah, 1(1), 137–158. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.12

Issue

Section

Articles