YouTube sebagai Media Fundraising bagi Fundraiser Islami
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.24Keywords:
YouTube, media komunikasi, fundraising IslamiAbstract
YouTube cukup popular di Indonesia. Sebagai salah satu saluran, YouTube dapat dimafaatkan sebagai media komunikasi. Dari pemanfaatan YouTube sebagai media komunikasi tersebut sudah banyak penelitian berformat artikel jurnal yang menggunakan YouTube sebagai media pembelajaran ataupun media dakwah. Sedangkan penelitian YouTube sebagi media fundraising bagi fundraiser islami belum banyak dilakukan. Padahal kalau dilihat dari potensi zakat yang dimiliki masyarakat Indonesia nominalnya cukup potensial untuk dimanfaatkan bagi kemaslahatan ummat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif pustaka dengan penelusuran terhadap berbagai karya ilmiah berupa jurnal, buku-buku, website yang membahas tentang media YouTube dan fundraising dalam Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa penggunaan media YouTube bisa dioptimalkan untuk fundraiser islami melalui pengoptimalan penggunaan fitur-fitur yang dimiliki YouTube berikut aplikasi penunjangnya. Fitur Search dan fitur YouTube live merupakan dua fitur utama yang bila dioptimalkan akan sangat membantu untuk melaksanakan fundraising bagi fundraiser islami melalui media YouTube. Sedangkan untuk aplikasi penunjang yang wajib digunakan untuk pengoptimalan YouTube sebagai media fundraising bagi fundraiser islami ini adalah aplikasi YouTube dan aplikasi YouTube Studio. Implikasi penelitian ini adalah bagi lembaga fundraiser islami yang belum menggunakan YouTube sebagai media fundraising, sangat disarankan untuk mencoba menggunakan YouTube sebagai media fundraising.
Downloads
References
Al Warisy, Iskandar. Kedudukan Zakat dalam Bangunan Islam. Surabaya: Al-Kahfi Media Press, 2006.
Ali Akbar, 411206587. “Efektifitas Youtube sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi pada Serambi on TV).” Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, 2018. http://library.ar-raniry.ac.id.
Anwar, Nurfiah. Manajemen Pengelolaan Zakat. Bogor: Lindan Bestari, 2022.
Corbuzier, Deddy. Youtuber For Dummies. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer, 2019.
Database Peraturan | JDIH BPK. “UU No. 23 Tahun 2011.” Diakses 27 November 2023. http://peraturan.bpk.go.id/Details/39267/uu-no-23-tahun-2011.
Fitur produk - Panduan Cara Kerja Youtube. “Fitur produk - Panduan Cara Kerja Youtube.” Diakses 17 Oktober 2023. https://www.Youtube.com/howYoutubeworks/product-features/.
Hakim, Rahmad. Diskursus (Asnaf Tsamaniyyah): Delapan Golongan Penerima Zakat. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2023.
Hamdan, Hamdan, dan Mahmuddin Mahmuddin. “Youtube sebagai Media Dakwah.” Palita: Journal of Social Religion Research 6, no. 1 (29 April 2021): 63–80. https://doi.org/10.24256/pal.v6i1.2003.
Handayani, Ricka. “Youtube Sebagai Media Komunikasi Dalam Berdakwah Di Tengah Pandemi.” Hikmah 15, no. 01 (Juni 2020): 123–38.
Huda, Miftahul. Pengelolaan wakaf dalam perspektif fundraising: studi tentang penggalangan wakaf pada Yayasan Hasyim Asy’ari, Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Yayasan Badan Wakaf, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta, dan Yayasan Dana Sosial Al-Falah, Surabaya. Cet. 1. Seri disertasi. Jakarta: Kementerian Agama RI, 2012.
Kamhar, Muhammad Yusi, dan Erma Lestari. “Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi.” Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan 1, no. 2 (29 Juni 2019): 1–7. https://doi.org/10.33366/ilg.v1i2.1356.
Kemp, Simon. “Digital 2023: Indonesia.” DataReportal – Global Digital Insights, 9 Februari 2023. https://datareportal.com/reports/digital-2023-indonesia.
Kusumaningrum, Hening, Unik Hanifah Salsabila, Nanik Rahmanti, Istiani Nur Kasanah, dan Dian Sidik Kurniawan. “Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring.” SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam 5, no. 1 (31 Januari 2022): 92–114. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.223.
Leliana, Intan, dan Venessa Agusta. “STRATEGI HUMAS KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN DALAM MENGINFORMASIKAN LAYANAN PUBLIK MELALUI YOUTUBE J-IKA : Jurnal Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas BSI Bandung.” Jurnal Ilmu Komunikasi (JIKA) 06, no. 02 (September 2019): 110–19. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika/article/view/6836/pdf.
M.Ak, Gustani, dan Nono Hartono. Indikator Pemetaan Potensi Zakat (IPPZ), 2020.
“Memaksimalkan penggalangan dana melalui Youtube - Bantuan Youtube.” Diakses 17 Januari 2024. https://support.google.com/Youtube/answer/9918203?hl=id.
Morissan. Riset Kualitatif. Jakarta: Kencana, 2017.
Niam, Achmad Mukafi. “Meningkatkan Kesadaran Umat untuk Membayar Zakat, Infak, dan Sedekah.” NU Online, Mei 2021. https://www.nu.or.id/risalah-redaksi/meningkatkan-kesadaran-umat-untuk-membayar-zakat-infak-dan-sedekah-VFM1n.
Putro, Faiz Farhan Suryo, dan Muhammad Darwinsyah. “Pemanfaatan Live Streaming Akun Youtube Friday Noraebang sebagai Media Hiburan Saat Pandemi Covid-19.” Prosiding Jurnalistik 8, no. 1 (26 Juli 2022). https://doi.org/10.29313/.v8i1.31745.
Qodriyah, Salma Laila. “Youtube Sebagai Media Dakwah Di Era Milenial (Channel Nussa Official).” Jurnal Studi Islam Dan Kemuhammadiyahan (JASIKA) 1, no. 2 (30 September 2021). https://doi.org/10.18196/jasika.v1i2.14.
“Ringkasan & persyaratan kelayakan Program Partner Youtube - Komputer - Bantuan Youtube.” Diakses 28 November 2023. https://support.google.com/Youtube/answer/72851?hl=id&ref_topic=9153642&sjid=4407045558170473940-AP.
Sefrandov, Daniel, Jandy Edipson Luik, dan Astri Yogatama. “Penerimaan Citra Windah Basudara Oleh Penonton Pada Konten Charity Di Youtube.” Jurnal E-Komunikasi 10, no. 2 (16 Oktober 2022). https://publication.petra.ac.id/index.php/ilmu-komunikasi/article/view/13192.
Sofiyawati, Nenie, dan Siti Nur Halimah. “Perilaku Muzakki dalam Menyalurkan Zakat di Era Digital.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 22, no. 1 (27 Juni 2022): 45–64. https://doi.org/10.15575/anida.v22i1.18479.
Sumardianto, Erdin. “Strategi Komunikasi Pemasaran Dakwah dalam Zakat BAZNAS pada Awal Pandemi Covid-19.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 22, no. 2 (2022): 188–206. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/anida/article/view/20317/8062.
Suparman. “Manajemen Fundraising dalam Penghimpunan Harta Wakaf (1) | Badan Wakaf Indonesia | BWI.go.id.” Badan Wakaf Indonesia (BWI), 6 Maret 2009. https://www.bwi.go.id/339/2009/03/06/manajemen-fundraising-dalam-penghimpunan-harta-wakaf-bagian-1/.
Tutiasri, Ririn Puspita, Niko Kurniawan Laminto, dan Karim Nazri. “Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bagi Mahasiswa Di Tengah Pandemi Covid-19” 2, no. 2 (10 Oktober 2020). https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/311.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lina Masruuroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.