Struktur Narasi Dakwah pada Novel Rembulan Tenggelam Di Wajah-Mu Karya Tere Liye
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i2.91Keywords:
dakwah melalui novel, struktur narasi, novel Rembulan Tenggelam di Wajah-MuAbstract
Novel merupakan salah satu media dakwah yang tetap relevan digunakan sejak era Hamka hingga masa kini. Tapi menulis novel dakwah tidaklah mudah. Salah satu tantangannya ketika menyusun alur dan struktur narasi. Penyusunan struktur narasi yang kurang baik bisa menyebabkan pembaca bosan membacanya atau pesan yang terkandung di dalamnya tidak tersampaikan dengan baik. Tujuan artikel ini hendak menjelaskan struktur narasi pada novel dakwah berjudul Rembulan Tenggelam di Wajah-Mu. Novel ini merupakan salah satu novel best seller, berisi pesan dakwah, dan memiliki struktur narasi yang unik. Dengan menggunakan pendekatan teori struktur narasi fiksi dari Lacey, analisa dilakukan secara kualitatif deskriptif untuk menguraikan struktur narasi pada novel tersebut. Hasil temuan menunjukkan penggunaan struktur narasi pada novel Rembulan Tenggelam di Wajah-Mu mirip dengan struktur narasi pada acara seri di televisi, yakni terdapat beberapa struktur narasi yang menggambarkan dinamika pada tiap babaknya. Namun ada modifikasi. Sehingga, struktur narasi pada tiap babaknya tidak sama. Klimaks-klimaks yang terjadi memiliki kadar tinggi rendah yang berbeda. Tidak semua babak diakhiri dengan keseimbangan baru. Penyampaian pesan dakwah diletakkan pada tiap akhir babak, yakni tahap keseimbangan baru.
Downloads
References
Abdurrazaq, Abdurrazaq. “Analisis Pesan Dakwah dalam Karya Sastra: Studi atas Publikasi Novel-Novel Islami Karya Habiburrahman El-Shirazy.” Intizar 19, no. 2 (2013): 205–29.
Ahmad, Nur. “Berdakwah Melalui Metode Kisah.” Tadbir Jurnal Manajemen Dakwah 1, no. 1 (Juni 2016): 19–40.
Annisa, Mayviolita Aulia Nur, Ahmad Rifai, dan Siti Fatimah. “Konflik Sosial Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye: Kajian Sosiologi Sastra.” Bhinneka: Jurnal Bintang Pendidikan dan Bahasa 1, no. 4 (Oktober 2023): 1–9.
Apriani, Elza, Amrizal Amrizal, dan Amril Canrhas. “Gaya Bercerita Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye.” Jurnal Ilmiah Korpus 4, no. 2 (15 September 2020): 174–84. https://doi.org/10.33369/jik.v4i2.9595.
Eriyanto, Eriyanto. Analisis Naratif: Dasar-Dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group, 2013.
Faisol, M. “Struktur Naratif Cerita Nabi Khidir Dalam Al-Qur’an.” Adabiyyāt: Jurnal Bahasa dan Sastra 10, no. 2 (19 Desember 2011): 233–58. https://doi.org/10.14421/ajbs.2011.10202.
goodreads. “Rembulan Tenggelam Di Wajahmu by Tere Liye _ Goodreads.html.” Diakses 18 Juni 2025. https://www.goodreads.com/book/show/1376124.Rembulan_Tenggelam_Di_Wajahmu.
Harianto, Yudi Asmara. “Tahapan Pembentukan Keterampilan Penulisan Narasi Dakwah bagi Pemula.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 01 (19 April 2023): 99–116. https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i1.1.
Iklima Aulia Salsabila, Dheni Harmaen, dan Adi Rustandi. “Analisis Konflik Batin Tokoh Utama Dalam Novel Gaya Bercerita Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye Menggunakan Pendekatan Psikologi Sebagai Alternatif Pembelajaran Sastra Di SMA.” Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 9, no. 04 (25 Agustus 2023): 580–87. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1670.
Indrawati, Indrawati. “Mengapresiasi Novel Sebagai Media Dakwah Bil-Qalam.” Wardah 14, no. 2 (Desember 2013): 217–26.
Jobers, Hendy. “Ciri-ciri Novel yang Membosankan Bagi Pembaca..html.” Kepenulisan.com, 27 Juni 2022. https://www.kepenulisan.com/2022/06/ciri-novel-membosankan.html.
Liye, Tere. Rembulan Tenggelam Di Wajahmu. Jakarta: Republika, 2009.
Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Nurhayati, Enung, Dedi Junaedi, dan Sahliah Sahliah. “Dakwah Islam Melalui Karya Sastra.” Hanifiya: Jurnal Studi Agama-Agama 2, no. 2 (20 Maret 2020): 105–12. https://doi.org/10.15575/hanifiya.v2i2.7303.
Pangaribuan, Maya Ayu D ., Akhiruddin Akhiruddin, dan Evelin Lampoliu. “Analisis Unsur Intrinsik Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye.” BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran 2, no. 1 (28 Februari 2023): 123–33. https://doi.org/10.30862/bisai.v2i1.190.
Rasmandar, Ari, Christanto Syam, dan Sesilia Seli. “Analisis Konflik Tokoh Utama Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK) 4, no. 9 (2015).
Riska, Ai, dan Alfa Mitri Suhara. “Analisis Unsur IntrinsikNovel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye.” Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 3, no. 4 (Juli 2020): 515–22.
Sugiyono, Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.Alfabeta, t.t.
Susanto, Andi. “Struktur Narasi Dakwah Buku Biografi Ayah…: Kisah Buya Hamka Karya Irfan Hamka.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 2 (31 Juli 2024): 277–300. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i2.36.
Ulfa, Fadillah dan Eti Efrina. “Relevansi Metode Dakwah Hamka dan Implementasinya di Indonesia.” Journal of Communication and Social Sciences 2, no. 1 (8 Juni 2024): 45–53. https://doi.org/10.61994/jcss.v2i1.604.
Yunita, Refni. “Telaah Konflik Dalam Novel Rembulan Tenggelam Di Wajahmu Karya Tere Liye.” Jurnal Wacana 14, no. 1 (Januari 2016): 54–64.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Yuntarti Istiqomalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							