Komunikasi Dakwah dengan Pertimbangan Sosiologis
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.25Keywords:
komunikasi dakwah, struktur sosial, proses sosialAbstract
Secara normatif, telah dipahami bersama bahwa dakwah perlu dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi sosiologis masyarakat yang menjadi sasaran dakwah. Kondisi sosiologis sasaran dakwah harus dipahami dan dijadikan salah satu pertimbangan oleh da’i sebelum menyampaikan dakwah kepada mereka. Namun selama ini belum ada kajian yang membahas mengenai bagaimana menjadikan atau menggunakan aspek sosiologis sebagai pertimbangan dalam melakukan komunikasi dakwah. Jika persoalan tersebut tidak dijawab, maka da’i akan kesulitan menerapkan pertimbangan sosiologis dalam komunikasi dakwahnya. Maka, tujuan dari artikel ini hendak menjelaskan komunikasi dakwah dengan pertimbangan aspek-aspek sosiologi. Konsep yang digunakan sebagai pijakan analisis adalah mengenai komunikasi dakwah, struktur sosial, dan proses sosial. Melalui proses analisis sintesis teoritis dari aspek-aspek sosiologi dan komunikasi dakwah, menghasilkan konsep mengenai komunikasi dakwah yang menggunakan pertimbangan sosiologi. Komunikasi dakwah dengan pertimbangan sosiologi meliputi komunikasi dakwah dengan mempertimbangkan struktur sosial yang terdiri dari nilai budaya, norma budaya, pranata sosial, kelompok sosial, dan stratifikasi social. Selain itu juga mempertimbangkan proses sosial, yakni pola interaksi masyarakat.
Downloads
References
Arifianto, Taufan. “Paradigma Brand Experience Dalam Membentuk Loyalitas Jamaah Organisasi Dakwah.” Inteleksia – Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah Volume 03, no. No. 02 (Januari 2022): 265–90.
Aripudin, Acep. Sosiologi Dakwah. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
A.Sorokin, Pitirim. Social and Cultural Mobility. London: The Free Press of Glencoe, 1959.
Budiono, Tri Joyo. Komunikasi Dakwah Pengurus Masjid di Era Revolusi Industri 4.0. Lamongan: Pustaka Djati, 2020.
Bukhari. “Membangun Kompetensi dan Kredibilitas Da’i.” AL MUNIR : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 5, no. 2 (Oktober 2014): 81–103. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.688.
Haekal, Muhammad Husain. Sejarah Hidup Muhammad terjemahan Ali Audah. Jakarta: Litera AntarNusa, 2010.
Hastuti, Nurnawati Hindra, dan Agus Supriyadi. “Memperhatikan Karakteristik Budaya Dalam Fenomena Kehidupan Bermasyarakat.” Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 (2 November 2020): 131–41. https://doi.org/10.33061/awpm.v4i2.3883.
Ilaihi, Wahyu. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2010.
Kholili, HM. “Dakwah Kultural Dan Dakwah Yang Ramah: Rancangan Komunikasi Untuk Dakwah.” Dalam Proceedings Ancoms, 469–74. Surabaya: UIN Sunan Ampel, 2017.
Koentjaraningrat, Koentjaraningrat. Pengantar Ilmu Antropologi Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.
Ma‟arif, Bambang. Komunikasi Dakwah: Paradigma untuk Aksi. Bandung: Simbiosa Rekatama media, 2010.
Muhtadi, Asep Saeful. Komunikasi Dakwah Teori, Pendekatan, Dan Aplikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2012.
Narwoko, J. Dwi, dan Bagong Suyanto. Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Dua. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2006.
Nursyam, Fakhruddin. Syarah Lengkap Arba‟in Da‟awiyah– Teladan Aplikatif Dakwah Rasulullah. Solo: Bina Insani Press Solo, 2006.
Prianto, Agung Teguh. “Komunikasi Dakwah Berbasis Multikultural dalam Perspektif Al-Qur’an.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (22 Juli 2023): 193–210. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.15.
Ranjabar, Jacobus. Perubahan Sosial: Teori-teori dan Proses Perubahan Sosial serta Teori Pembangunan. Bandung: Alfabeta, 2017.
Roseta, Charolin Indah. “Dakwah Antarbudaya: Perubahan Sosial Budaya Pada Proses Islamisasi Jawa Abad XV.” Inteleksia - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 1, no. 2 (30 Januari 2020): 163–86. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v1i2.45.
Sholeh, Shonhadji. Sosiologi Dakwah Perspektif Teoretik. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Press, 2011.
Sodiqin, Ali. Antropologi Al-Quran Model Dialektika Wahyu dan Budaya. Disertasi. Sleman: Ar-Ruzz Media, 2013.
Soekanto, Soerjono. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers, 2012.
Sunyoto, Agus. Atlas Walisongo : Buku pertama yang mengungkap walisongo sebagai fakta sejarah. Depok: Pustama Iman, 2017.
Taneko, Soleman. Struktur dan Proses Sosial Suatu Pengantar Sosiologi Pembangunan. Jakarta: CV. Rajawali, 1984.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yuntarti Istiqomalia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.