Pengaruh Tayangan Misteri dan Mistis di Televisi terhadap Perubahan Perilaku Masyarakat Islam: Pendekatan Kultivasi Media
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i2.88Keywords:
tayangan mistis, kultivasi media, perubahan perilakuAbstract
Hari ini tayangan mistis cukup masiv di TV. Umat Islam yang menonton tayangan tersebut sedikit banyak akan terpapar dan berpotensi mempengaruhi perilakunya. Penting untuk mengetahui bagaimana dan seberapa besar pengaruhnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh tayangan mistis pada media TV terhadap perilaku umat Islam. Kajian ini menggunakan survey dengan objek data tayangan-tayangan mistis dan misteri yang disiarkan pada TV dan juga pada platfrom media sosial. Dengan pendekatan teori kultivasi media Goerge Gerbner, dimana pemirsa TV dan sosial media akan memilik paradigma akibat paparan televisi yang luas membuat pandangan penonton menjadi lebih homogen. Artinya, perbedaan individu dalam memandang realitas menjadi semakin kecil dan terjadi pengalaman yang dinamakan Resonance, yaitu ketika pengalaman pribadi seseorang sesuai dengan apa yang dilihatnya di televisi, maka pengaruh televisi tersebut akan semakin kuat dalam membentuk perilaku pemirsanya. Dan dampaknya kalau ini berlaku secara kolektif di masyarakat maka akan bisa merubah perilaku masyarakat tersebut. Misalkan perilaku rasa takut di daerah-daerah tertentu, melakukan ritual-ritual tertentu di tempat yang ada penunggunya.
Downloads
References
“7 Film Horor Indonesia Tayang hingga Akhir 2024, Kuasa Gelap.” Diakses 21 Juni 2025. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20240918092017-220-1145494/7-film-horor-indonesia-tayang-hingga-akhir-2024-kuasa-gelap.
Azizi, Muhammad Hildan. “Struktur Narasi Berbagi Kepada Sesama Dalam Semiotika TV Commercial (TVC) Lazismu | Semiotics of Narrative Structure Sharing with Others in the Commercial TV (TVC) Lazismu.” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 2 (13 Maret 2021): 85–103. https://doi.org/10.31764/jail.v4i2.4320.
Baran, Stanley J. Mass Communication Theory : Foundations, Ferment, and Future. Belmont, CA : Thomson/Wadsworth, 2003. http://archive.org/details/masscommunicatio0000bara.
Creswell, John W., dan J. David Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications, 2022.
Devito, Joseph A. Komunikasi antar Manusia. 5 ed. Tangerang Selatan: KARISMA Publishing Group, 2011.
Fadillah, Nadhifa Ahdi. “Memahami Teori Sosial Karl Marx: Kelas, Konflik, Dan Perubahan.” Nusantara: Jurnal Pendidikan, Seni, Sains Dan Sosial Humaniora 1, no. 02 (2023). http://journal.forikami.com/index.php/nusantara/article/view/574.
Fikri, Muhammad Rizal. “5 Acara Misteri yang Populer di Televisi Indonesia.” Espos Indonesia, 6 April 2018. https://lifestyle.espos.id/5-acara-misteri-yang-populer-di-televisi-indonesia-908251.
Griffin, EM. A First Look At Communication Theory. Sixth. Amerika_New York: McGraw-Hill, 2006.
Khiyaroh, Inttihaul. “Analisis Pesan Mistik Pada Konten Berburu Penampakan Hantu Di Channel Youtube Sableng Tv Dan Bintang Indigo.” Alamtara: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 7, no. 1 (30 Juni 2023): 71–82. https://doi.org/10.58518/alamtara.v7i1.1778.
Littlejohn, Stephen W., dan Karen A. Foss. Theories of Human Communication. Thomson Wadsworth, 2008.
Masruuroh, Lina. “YouTube sebagai Media Fundraising bagi Fundraiser Islami.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (30 Januari 2024): 105–26. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.24.
Mcluhan, Marshall. Understanding Media The Extensions of Man. Electronoc edition design: Scott Boms. California: Gingko Press, 2013.
McQuail, Denis. McQuail′s Mass Communication Theory. SAGE, 2010.
Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, dan Johnny Saldana. Qualitative Data Analysis. SAGE, 2014.
Nurudin. Komunikasi massa. Cespur, 2003.
Onong Uchjana Effendy, Author. “Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi.” Universitas Indonesia Library. Citra Aditya Bakti, 2000. https://lib.ui.ac.id.
Perse, Elizabeth M. Media Effects and Society. Mahwah, NJ : L. Erlbaum Associates, 2001. http://archive.org/details/mediaeffectssoci0000pers.
Poerwadarminta, W. J. S. Kamus umum Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 2003.
Rahman, Abd, dan Mifdah Hilmiyah. “Media Sosial dan Masyarakat: Ditinjau Dari Analisis Cermin Media (pdf) | Kertasitas.” Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah Volume 14 Nomor 01 Tahun 2024 (2024). https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.
Rohmah, Nurliya Ni’matul. “Perilaku Sosial Remaja dan Tayangan Televisi (Analisis Teori Kultivasi).” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 3, no. 2 (30 Juni 2020): 17–40. https://doi.org/10.31764/jail.v3i2.2534.
Severin, Werner J, dan James W Tankard. “Communication Theories: Origins, Methods, and Uses in the Mass Media,” t.t.
Singh, Dhyan. “Impacts of Scary Television Programmes on children Psychology, Attitude and Behavior.” New Media and Mass Communication Vol.23, 2014 (t.t.). http://www.iiste.org/.
“Suharsimi Arikunto Prosedur Penelitian | PDF.” Diakses 24 Juni 2025. https://www.scribd.com/document/756557803/Suharsimi-Arikunto-Prosedur-Penelitian.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Agung Teguh Priyanto, Maimunah Maimunah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							