Psikologi Komunikasi dalam Komunikasi Dakwah
Systematic Literature Review
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.14Keywords:
Psikologi Komunikasi, Komunikasi DakwahAbstract
Komunikasi dakwah memerlukan pertimbangan kondisi psikologis dari semua faktor yang terlibat dalam komunikasi, mulai dari psikologi komunikator, psikologi komunikan, sampai psikologi pesan. Dakwah menyampaikan tentang ajaran Islam yang Rahmatan lil’alamin akan jauh lebih efektif diterima jika disesuaikan dengan kondisi psikologis. Melalui metodologi kualitatif dengan systematic literature review, yang di kumpulkan dari 6 jurnal dengan penelitian empiris menghasilkan beberapa hal yang bisa dipetakan. Psikologi komunikasi terdapat beberapa unsur yang penting yaitu psikologi komunikator yaitu mulai kredibilitas, moralitas, pengalaman atau jam terbang, teknik komunikasi, pengetahuan keagamaan. Psikologi Komunikan yaitu kondisi secara umum komunikan yang mempengaruhi persepsi dan perasaan dalam menerima komunikasi dakwah pengetahuan, nilai-nilai, kebutuhan, kebudayaan yang melatarbelakanginya. Psikologi pesan diksi, yang mudah dipahami, dimengerti, menarik perhatian, dalam proses komunikasi dakwah, dan yang terakhir adalah tujuan komunikasi dakwah yaitu efektif mudah dimengerti, dipahami, perhatian, dan sampai merubah perilaku. Temuan lain yaitu pada teknik komunikasi dakwah untuk lebih efektif ada beberapa yaitu pola komunikasi, prinsip komunikasi, dan beberapa alternative cara penyampaian.
Downloads
References
Bagas, Tri Cahyo. “Penerapan Psikologi Komunikasi Dalam Penyampaian Pesan Dakwah (Studi Di TPQ Baitul Qur’an Al Hikmah Kecamatan Kedaton Kota Bandar Lampung).” Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung, 2021. http://repository.radenintan.ac.id/14720/.
Budiono, Tri Djoyo. “Komunikasi Dakwah Pengurus Masjid Di Era Revolusi Industri 4.0,” 2020.
Harianto, Yudi Asmara. “Mendefinisikan Ulang Komunikasi Persuasif,” 2022.
Kohar, Wakidul, Efrizal Efrizal, dan Sri Meiweni Basra. “Dakwah Haji: Psikologi Komunikasi Petugas Haji Di Arab Saudi.” Al Irsyad : Jurnal Bimbingan Konseling Islam 13, no. 1 (1 Juli 2022): 50–63. https://doi.org/10.15548/jbki.v13i1.4276.
Ma’arif, Bambang Saiful. “Psikologi komunikasi dakwah : suatu pengantar / DR. Bambang Saiful Ma’arif, M.Si. ; editor, Iqbal Triadi Nugraha | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Diakses 21 Juni 2023. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1062257.
Maimunah. Dasar Dasar Psikologi dalam Dakwah. 1 ed. 1. Bojonegoro: Zhena Ardh Grumma, 2021. https://scholar.google.com/citations?user=m7TBwjcAAAAJ&hl=en.
Majid, Mariam Abd, Sahlawati Abu Bakar, Mohamad Yusuf Marlon, dan Nursyafiqa Bokhari. “Psikologi Komunikasi: Satu Tinjauan Literatur,” 2018.
“Psikologi komunikasi / penulis, Jalaluddin Rakhmat ; editor, Tjun Surjaman | OPAC Perpustakaan Nasional RI.” Diakses 18 Maret 2023. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=681738.
Rakhmat, Jalaludin. Psikologi Komunikasi. 24 ed. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya, 2007. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=681738.
Riswandi. Psikologi Komunikasi. Kota Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.
Susanti, Fitra. “Diajukan Untuk Melengkapi Tugas-tugas dan Memenuhi Syarat-syarat guna Memperoleh Gelar Sarjana Sosial (S.Sos) dalam Ilmu Dakwah dan Komunikasi,” t.t. http://repository.radenintan.ac.id/8073/1/SKRIPSI%20FITRA%20SUSANTI.pdf.
Syaifuddin, Syaifuddin, dan Abdul Muhid. “Efektivitas Pesan Dakwah Di Media Sosial Terhadap Religiusitas Masyarakat Muslim: Analisis Literature Review.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 20, no. 1 (30 Juni 2021): 17–28. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v20i1.4835.
Tiyan, Ade Sep. “Urgensi Psikologi Komunikasi Dakwah Bagi Da’i.” AL-QOLAM : Jurnal Dakwah Dan Pemberdayaan Masyarakat 1, no. 2 (2017): 179–90.
Triandini, Evi, Sadu Jayanatha, Arie Indrawan, Ganda Werla Putra, dan Bayu Iswara. “Metode Systematic Literature Review Untuk Identifikasi Platform Dan Metode Pengembangan Sistem Informasi Di Indonesia.” Indonesian Journal of Information Systems 1, no. 2 (23 Februari 2019): 63–77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916.
Wahid, Lalu Abdurrachman. “Penerapan Psikologi Komunikasi Dalam Penyampaian Pesan Dakwah.” KOMUNIKE: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 13, no. 1 (25 Juni 2021): 115–31. https://doi.org/10.20414/jurkom.v13i1.3193.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Maimunah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.