Pola Komunikasi Dakwah Sebagai Cerminan Kepribadian Dai
DOI:
https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i01.3Keywords:
Komunikasi Dakwah, Pola Komunikasi Dakwah, Kepribadian, Aa GymAbstract
Dai dalam menyampaikan pesan dakwahnya tidak bisa dilepaskan dari adanya pengaruh kepribadian. Kepribadian membentuk kecenderungan dan pola perilaku dari seorang individu, termasuk dalam berkomunikasi sehingga akan melahirkan pola dalam komunikasinya. Dalam komunikasi dakwah, ditemukan adanya pola komunikasi dakwah dari seorang Dai, seperti dalam pilihan topik, isi ceramah hingga cara penyampaian dakwah termasuk ekspresi dan gerak tubuh yang dimunculkan. Studi kasus yang digunakan adalah pada Aa Gym. Dalam beberapa video ceramah yang diupload melalui media YouTube ditemukan adanya pola dari Aa Gym saat menyampaikan ceramahnya, kondisi ini memiliki kemungkinan dipengaruhi oleh kepribadian dari Aa Gym. Rumusan masalah yang diajukan adalah bagaimana pengaruh kepribadian Aa Gym terhadap pola komunikasi dakwahnya? Teori kepribadian yang digunakan adalah teori tipologi MBTI. Hasil analisis menunjukkan bahwa tipe kepribadian Aa Gym adalah extrovert, sensing, dan feeling. Kepribadian extrovert mempengaruhi ekspresi dan gerak tubuh Aa Gym. Kepribadian sensing mempengaruhi pilihan topik ceramah dan isi gagasan penjelas. Kepribadian feeling mempengaruhi isi pesan dakwah Aa Gym yang cenderung menggugah perasaan dari mad’unya.
Abstract: The preacher in conveying his da'wah message cannot be separated from the influence of personality. Personality forms tendencies and behavior patterns of an individual, including in communication so that it will give birth to patterns in communication. In da'wah communication, it was found that there was a pattern of da'wah communication from a preacher, such as in the choice of topic, the content of the lecture to the way the da'wah was delivered including the expressions and gestures that were raised. The case study used is Aa Gym. In several video lectures uploaded via YouTube media, it was found that there was a pattern from Aa Gym when delivering his lecture, this condition has the possibility of being influenced by the personality of Aa Gym. The formulation of the problem posed is how does Aa Gym's personality influence his da'wah communication pattern? The personality theory used is the MBTI typology theory. The results of the analysis show that Aa Gym's personality types are extrovert, sensing, and feeling. Extroverted personality influences Aa Gym's expressions and body movements. Sensing personality influences the choice of lecture topic and content of explanatory ideas. The personality of feeling influences the contents of Aa Gym's da'wah messages which tend to evoke feelings from the mad'uw.
Keywords: Da’wa Communication, Da’wa Communication Pattern, Personality, Aa Gym
Downloads
References
Basri, Subianto. “Gaya Bahasa Ustaz Das’ad Latief Dan Ustaz Abdul Somad Pada Video Ceramah Di Youtube.” Universitas Muhammadiyah Makassar, 2020.
Effendy, Onong Uchjana. Ilmu Komunikasi: Teori Dan Praktek. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.
Hall, Calvin S., and Gardner Linzey. Teori-Teori Psikodinamik (Klinis). Edited by A. Supratiknya. Yogyakarta: Kanisius, 1993.
Kodir, K H A, and A Rizkianto. “Gaya Komunikasi Dakwah Husein Ja’far Al-Hadar Dalam Ceramahnya Di Youtube| The Communication Style of Husein Ja’far Al-Hadar’s Da’wah in His Lecture ….” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan … 4, no. 2 (2021): 49–63. https://pdfs.semanticscholar.org/1191/7a88e5ab7f5147bb04aa9623d73c677d9f9a.pdf.
Koswara, E. Teori-Teori Kepribadian. Bandung: PT. Eresco, 1986.
Ma’arif, Bambang Saiful. “Pola Komunikasi Dakwah KH . Abdullah Gymnastiar.” Mimbar. Vol. 25, 2017. doi:https://doi.org/10.29313/mimbar.v25i2.285.
Maimunah, and Lucky Prihartanto. “Pengaruh Kepribadian Terhadap Seleksi SDM Dalam Manajemen Dakwah.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman 7, no. 2 (2021): 187–207. https://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/article/view/137.
Mastuti, Endah. “Analisis Faktor Alat Ukur Kepribadian Big Five (Adaptasi Dari IPIP) Pada Mahasiswa Suku Jawa.” Insan 7, no. 3 (2005): 264–76.
Periantalo, Jelpa, and Saifuddin Azwar. “Pengembangan Skala Kepribadian Siswa Sma Dari Tipologi Kepribadian Jung Dan Myers-Briggs.” Jurnal Sains Sosio Humaniora 1, no. 2 (2017): 191–207. doi:10.22437/jssh.v1i2.4301.
Rachman, Rio Febriannur. “Dakwah Interaktif Kultural Emha Ainun Nadjib.” Jurnal Spektrum Komunikasi 6, no. 2 (2018): 1–9. doi:10.37826/spektrum.v6i2.35.
Romli, Asep Syamsul M. Komunikasi Dakwah Pendekatan Praktis. Bandung: Romeltea, 2013.
Stevani, Stevani, and Widayatmoko Widayatmoko. “Kepribadian Dan Komunikasi Susi Pudjiastuti Dalam Membentuk Personal Branding.” Jurnal Komunikasi 9, no. 1 (2017): 65–73. doi:10.24912/jk.v9i1.225.
Sugiyono. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta, 2014.
Suryadi, Dwiki Bangkit. “Humor Pergaulan Dalam Dakwah: Analisis Model Krippendorff Pada Dakwah KH. Anwar Zahid Di Channel Youtube.” UIN Prof. KH. Saifuddin Zuhri, Purwokerto, 2021.
Tajiri, Hajir. “Rijal Al- Da ’ Wah : Studi Faktor Karismatik Praktisi Dakwah.” Ilmu Dakwah 11, no. 2017 (2017): 293–310. doi:10.15575/idajhs.v12i.1914.
Yasin, Muhammad. “Gaya Komunikasi KH. Ahmad Bahauddin Nursalim Di Youtube Episode: Kalau Mencintai Islam Jangan Sakiti Agama Lain.” UIN Fatmawati Sukarno, Bengkulu, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lucky Prihartanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.