Prospek Dakwah Bil Qalam di Era New Media
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.27Keywords:
dakwah bil qalam, dakwah bil lisan, new mediaAbstract
Verba volent, scripta manent merupakan idiom yang mengilustrasikan keunggulan tulisan dibandingkan lisan. Namun memasuki era new media, keunggulan tulisan menjadi tidak berarti dikarenakan lisan juga mampu diduplikasi sama baiknya dengan tulisan, bahkan bisa lebih baik lagi. Ini menjadikan beberapa media massa cetak koran, majalah dan tabloid menghentikan versi cetak mereka. Hal ini juga berlaku di dunia dakwah, keunggulan dakwah bil qalam sebelumnya menjadi tidak berarti di era new media. Ini menimbulkan pertanyaan masihkah ada prospek positif dakwah bil qalam di era new media. Tulisan ini melakukan kajian dengan pendekatan qualitatif deskriptif untuk mendapatkan uraian-uraian prospek dakwah bil qalam yang tidak tergantikan dengan hadirnya new media, sekaligus tidak bisa ditandingi oleh dakwah bil lisan. Hasil kajian memperolah kesimpulan adanya prospek dakwah bil qalam dalam era new media, yaitu produk utama dakwah bil qalam berupa kitab (buku) bisa menjadi sumber referensi kajian-kajian ilmiah sosial keagamaan, mad’u dari dakwah bil qalam pada umumnya merupakan kalangan terdidik dan pengambil keputusan, dan produk dakwah bil qalam bisa menjadi pondasi kemajuan umat Islam dan bangsa Indonesia.
Downloads
References
Fauzana, Rusyda. “Strategi Komunikasi Dakwah bil Qalam Komunitas Revowriter di Media Digital.” Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah 3, no. 3 (2021): 229–45. http://dx.doi.org/10.24014/idarotuna.v3i3.16440.
Fitria, Rini, dan Rafinita Aditia. “Prospek dan Tantangan Dakwah Bil Qalam sebagai Metode Komunikasi Dakwah.” JURNAL ILMIAH SYIAR 19, no. 2 (2019): 224–34. http://dx.doi.org/10.29300/syr.v19i2.2551.
Gramedia Blog. “Yuk, Pertebal Iman Dengan 15 Buku Islami Terpopuler!,” 4 April 2022. https://www.gramedia.com/blog/daftar-buku-islami-best-seller-terlaris-agustus-2018-pertebal-iman/.
Haekal, Muhammad Husain. Sejarah Hidup Muhammad. Bogor: Pustaka Litera AntarNusa, 2010.
Harianto, Yudi Asmara. “Penulisan Artikel Dakwah Berbasis Struktur Argumentasi Toulmin.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 1 (28 Juli 2022): 51–70. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i1.221.
Hidayatulloh, Agus, Siti Irhamah Sail, Imam Ghazali Masykur, dan Fuad Hadi. ALJAMIL: Al-Qur’an Tajwid Warna, Terjemah Per Kata, Terjemah Inggris. Bekasi: Cipta Bagus Segara, 2012.
Jinan, Mutohharun. “New Media dan Pergeseran Otoritas Keagamaan Islam di Indonesia.” Jurnal Lektur Keagamaan 10, no. 1 (2012): 181–208. https://doi.org/10.31291/jlk.v10i1.178.
Jurayz, Irpan, Desi Erawati, Hakim Syah, dan Bangkit Nun Aji. “Media Cetak dan Dakwah Bil Qalam: Opini Pembaca terhadap Kolom Mimbar Jum’at di KaltengPos.” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam 4, no. 2 (2022): 159–73. https://doi.org/10.32332/jbpi.v4i2.5693.
Krisdianto, Didit. “Dakwah Muhammad Yunus dalam Menciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan(Studi Kasus Awal Pendirian Bank Grameen di Bangladesh).” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2023): 117–36. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.9.
Kristianto, Aris. “Pesan Dakwah Perintah Menutup Aurat Surat An-Nūr Ayat 31 Perspektif Antropologi Quran.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (29 Juli 2023): 211–32. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.18.
Malik, Abdul. “Revolusi Gutenberg (Makna Penemuan Mesin Cetak bagi Kemajuan Peradaban Manusia: Dari Tradisi Lisan ke Tulisan).” LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi 2, no. 2 (2013): 1–5. https://doi.org/10.30656/lontar.v2i2.342.
Nunzairina, Nunzairina. “Dinasti Abbasiyah: Kemajuan Peradaban Islam, Pendidikan, dan Kebangkitan Kaum Intelektual.” JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam) 3, no. 2 (5 Januari 2020): 93. https://doi.org/10.30829/juspi.v3i2.4382.
Prianto, Joko Sugeng. “Budaya Baca untuk Kemajuan Bangsa.” Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia 3, no. 1 (2020): 1–19.
Rahman, Abdul. “Pembukuan al-Quran Dalam Perspektif Historis.” ULIL ALBAB : Jurnal Ilmiah Multidisiplin 2, no. 3 (2023): 1147–53. https://doi.org/10.56799/jim.v2i3.1297.
Robinson, Andrew. The Story of Writing. London: Thames & Hudson Inc., 1995.
Wibowo, Agung Setiyo. “Mengapa Orang Indonesia (Masih) ‘Malas’ Membaca?” KOMPAS.com, 12 Mei 2023. https://www.kompas.com/tren/read/2023/05/12/102854565/mengapa-orang-indonesia-masih-malas-membaca?page=all.
Widyastuti, Rr Ariyani Yakti. “Daftar Perusahaan Media Cetak Di Indonesia Yang Berhenti Terbit.” Tempo, 1 Juli 2023. https://bisnis.tempo.co/read/1743257/daftar-perusahaan-media-cetak-di-indonesia-yang-berhenti-terbit.
Zellatifanny, Cut Medika, dan Bambang Mudjiyanto. “Tipe Penelitian Deskripsi Dalam Ilmu Komunikasi.” Jurnal Diakom 01, no. 02 (2018): 83–90.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Yudi Asmara Harianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.