Tahapan Pembentukan Keterampilan Penulisan Narasi Dakwah bagi Pemula
DOI:
https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i1.1Keywords:
keterampilan menulis, narasi dakwah, penulis pemulaAbstract
Studi ini bertujuan mendeskripsikan tahapan pelatihan keterampilan penulisan narasi dakwah pada tingkat pemula. Topik ini didorong oleh belum banyaknya referensi tahapan penulisan narasi dalam bidang dakwah yang bisa menjadi landasan latihan bagi mereka yang ingin belajar dan berlatih dari tingkat dasar. Studi dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penulis narasi dakwah pada tingkat pemula pada umumnya memiliki pengalaman narasi secara lisan, namun sangat sedikit yang memiliki pengetahuan pada bidang penulisan. Studi menghasilkan kesimpulan bahwa tahapan pelatihan penulisan narasi dakwah meliputi: (1) menyampaikan wawasan dasar tentang penulisan narasi dakwah, (2) menunjukkan contoh praktek penulisan narasi dakwah, (3) latihan dasar menulis deskripsi, (4) melakukan pemetaan sasaran pembaca, (5) merumuskan topik dan tujuan narasi dakwah, (6) merancang struktur narasi dakwah, (7) menyusun kerangka narasi dakwah, (8) mengembangkan kerangka narasi dakwah, dan (9) finishing. Sembilan tahapan tersebut harus memiliki cukup pengulangan agar menjadi terampil. Hasil studi diharapkan bisa menjadi panduan bagi penulis pemula dalam bidang narasi dakwah.
Abstract: This study aims to describe the stages of da'wah narrative writing skill training at the beginner level. This topic is driven by the fact that there are not many references to the stages of writing narratives in the field of da'wah which can be a basis for practice for those who want to learn and practice from the basic level. The study was conducted using a descriptive qualitative approach. Writers of da'wah narratives at the beginner level generally have experience in oral narratives, but very few have knowledge in the field of writing. The study concludes that the stages of da'wah narrative writing training include: (1) conveying basic insights about writing da'wah narratives, (2) showing examples of the practice of writing da'wah narratives, (3) basic exercises on writing descriptions, (4) mapping the target audience, (5) formulating topics and objectives of the narrative da'wah, (6) designing the da'wah narrative structure, (7) compiling the da'wah narrative framework, (8) developing the da'wah narrative framework, and (9) finishing. The nine stages must have enough repetition to become skilled. The results of the study are expected to be a guide for novice writers in the field of da'wah narratives.
Keywords: Writing Skills, Da'wah Narration, Novice Writer
Downloads
References
Broom, Timothy W, Robert S Chavez, dan Dylan D Wagner. “Becoming the King in the North: Identification with Fictional Characters Is Associated with Greater Self–Other Neural Overlap.” Social Cognitive and Affective Neuroscience 16, no. 6 (21 Mei 2021): 541–51. https://doi.org/10.1093/scan/nsab021.
Dalman. Penulisan Populer. Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2015.
Darmayanti, Hani. “Kisah-Kisah dalam Al-Quran dalam Perspektif Pendidikan.” Jurnal Edukatif 5, no. 1 (2019).
Eriyanto. Analisis Naratif: Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Teks Berita Media. Jakarta: Kencana, 2013.
Fisher, Walter R. Human Communication As Narration: Toward a Philosophy of Reason, Value, and Action. Studies in Rhetoric - Communication. Columbia: Univ. of South Carolina Pr, 1989.
Harianto, Yudi Asmara. “Penulisan Artikel Dakwah Berbasis Struktur Argumentasi Toulmin.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 1 (28 Juli 2022): 51–70. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i1.221.
Istiqomalia, Yuntarti. “Metode Dakwah Dalam Menghadapi Perkembangan Budaya Populer.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 2 (6 Desember 2022): 361–78. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i2.252.
Keraf, Gorys. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1991.
Keraf, Gorys. Eksposisi dan Deskripsi. Ende: Nusa Indah, 1982.
Kusnawan, Aep. Teknik Menulis Dakwah. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2016.
Maretha, Della. “Analisis Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerita Hikayat Karya Yulita Fitriana dan Aplikasinya sebagai Bahan Ajar Kelas X SMK Priority.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 4, no. 1 (2019): 77–81.
Mauli Darajat, Deden, dan Muhammad Badruzzaman. “Analisis Fungsi Narasi Model Vladimir Propp dalam Film Surat dari Praha.” CoverAge: Journal of Strategic Communication 10, no. 2 (29 Maret 2020): 40–58. https://doi.org/10.35814/coverage.v10i2.1382.
Nurhasanah, Elin. “Analisis Unsur Ekstrinsik Novel ‘Merry Riana-Mimpi Sejuta Dolar’ Karya Alberthiene Endah dan Pemanfaatannya sebagai Bahan Pembelajaran Bahasa Indonesia.” METAMORFOSIS: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya 11, no. 1 (2018): 23–26.
Pratiwi, Mutia Rahmi, dan Yenny Aulia. “Analisis Naratif sebagai Kajian Teks Pada Film.” Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 24, no. 2 (Oktober 2020): 71–83. https://doi.org/10.46426/jp2kp.v24i2.139.
Rif’an, Ahmad Rifa’i. Beginilah Cara Saya Nulis Buku Best Seller. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.
Rofiah, Nurul Hidayati. “Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an dan Relevansinya dalam Pendidikan Anak Usia SD/MI.” Langsa: STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa, 2014.
Todorov, Tzvetan, dan Arnold Weinstein. “Structural Analysis of Narrative.” NOVEL: A Forum on Fiction 3, no. 1 (1969): 70. https://doi.org/10.2307/1345003.
Winarto, Yunita T., Ibnu Wahyudi, dan Ezra M. Choesin. Karya Tulis Ilmiah Sosial: Menyiapkan, Menulis, dan Mencermatinya. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2016.
Yuzi, Hilman Syahrul, Subhan Afifi, dan Yenni Sri Utami. “Analisis Naratif Pemberitaan Prancis Sebagai Juara Piala Dunia 2018 di Harian Kompas.” Jurnal Ilmu Komunikasi 17, no. 1 (14 Juli 2020): 85. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3515.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Yudi Asmara Harianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.