Kompetensi Dai Profesional untuk Berdakwah di Kalangan Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.55372/tanzhim.v2i2.33Kata Kunci:
kompetensi da'i, da'i profesional, dakwah generasi zAbstrak
Generasi Z merupakan mad’u atau pasar dakwah yang mendominasi masyarakat hari ini. Banyaknya kuantitas tidak menjadi jaminan akan kualitas keimanan yang juga meningkat. Persoalan moralitas pada Gen Z masih ada. Untuk itu dibutuhkan dai profesional dan cocok berdakwah pada kalangan Generasi Z, agar nilai-nilai dakwahnya bisa diterima. Untuk menghasilkan dai profesional dan cocok untuk karakteristik mad’u generasi Z, bisa dimulai melalui rekrutmen sumber daya manusia (sdm) atau program pelatihan sdm yang tepat. Untuk itu dibutuhkan standar kompetensi sdm dai profesional untuk berdakwah di kalangan generasi Z. Namun penelitian mengenai standar kompetensi dai belum khusus menghasilkan standar kompetensi dai spesifik berdakwah di kalangan generasi Z. Penelitian dasar dengan pendekatan kualitatif konseptual literature review ini dilakukan untuk merumuskan standar kompetensi dai profesional untuk berdakwah di kalangan generasi Z. Hasil penelitian menemukan bahwa untuk berdakwah pada kalangan generasi Z dibutuhkan kompetensi substantif dan metodologis yaitu: memiliki pengetahuan terkait nilai Islam dengan dasar ilmiah,moralitas yang baik dan sesuai nilai Islam baik di kehidupan nyata maupun yang ditampilkan di media sosial, pengetahuan mengenai ilmu kesehatan mental dan solusinya, memiliki rasionalitas dan kemampuan berfikir ilmiah serta kemampuan membuat materi dakwah terkait dan kemampuan teknis membuat konten berisi dan menarik, serta kemampuan menggunakan media sosial sebagai media dakwah.
Referensi
Affandy, Shofyan. “Formulasi Strategi Dakwah: Adaptasi Framework Manajemen Strategis Untuk Dakwah Berjangka Pendek.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 2 (2022).
Aliyudin, Aliyudin. “Kualifikasi Da’i: Sebuah Pendekatan Idealistik Dan Realistik.” Anida (Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah) 14, no. 2 (December 22, 2015). https://doi.org/10.15575/anida.v14i2.840.
Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah: Edisi Revisi. Kencana, 2019. https://books.google.co.id/books?id=zcq2DwAAQBAJ.
BBC News Indonesia. “Kasus santri tewas di pondok pesantren Kediri: ‘Aku takut, Mama tolong cepat jemput’ - Mengapa kekerasan terulang lagi di pesantren?,” February 29, 2024. https://www.bbc.com/indonesia/articles/c0vjeq20d8po.
Bukhari. “Membangun Kompetensi Dan Kredibilitas Da’i.” AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam volume v, no. 10 (2014). https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.688.
Francis, Tracy, and Fernanda Hoefel. “‘True Gen’: Generation Z and Its Implications for Companies.” McKinsey & Company, November 2018.
Fuad, Noor, and Gofur Ahmad. Intergrated HRD: Human Resources Develoupment. Jakarta: Grasindo, 2009.
Hasan, Juhari. “Standar Kompetensi Da’i Profesional Dalam Konteks Dinamika Perubahan Sosial.” UIN Ar Raniry, 2014, 1–66.
Heriyanto, Devina, William Putro Utomo, Kania Aisha Pasaman, Metha Tri RIzka, Yolanda Gloria Hutauruk, and Felicia Yulianti. “Indonesia Gen Z Report 2024.” IDN Research Institute, 2024. https://cdn.idntimes.com/content-documents/indonesia-gen-z-report-2024.pdf.
Ipsos. “Indonesia 2024 and Beyond.” Ipsos, 2024.
Jalil, Abdul. “Jual Konten Pornografi di Media Sosial, Remaja Asal Pasuruan Dibekuk Polisi.” Solopos.com, November 10, 2023. https://jatim.solopos.com/jual-konten-pornografi-di-media-sosial-remaja-asal-pasuruan-dibekuk-polisi-1791866.
Kamaluddin. “Kompetensi Da’i Profesional.” HIKMAH: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam 2, no. 1 (June 2015): 104–24.
KBBI VI Daring. “Hasil Pencarian Kata ‘Profesi.’” Accessed July 10, 2024. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/profesi.
Kusumawati, Silviana Putri, Nafi’atun NIhaya, Hanafi Nurhuda Avicena, and Dani Alamsyah. “Penyampaian Dakwah Islam Di Media Sosial Bagi Generasi Z.” Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 3, no. 1 (2022): 1–14.
Maimunah, Maimunah. “Psikologi Komunikasi dalam Komunikasi Dakwah: Systematic Literature Review.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (July 22, 2023): 177–92. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v1i1.14.
Media, Kompas Cyber. “Kronologi Wanita Tewas Saat Bikin Konten Gantung Diri di Bogor, Video Call Teman dan Terpeleset.” KOMPAS.com, March 4, 2023. https://regional.kompas.com/read/2023/03/04/072437578/kronologi-wanita-tewas-saat-bikin-konten-gantung-diri-di-bogor-video-call.
———. “Ramai soal Joki Strava di Media Sosial, Apa Itu? Halaman all.” KOMPAS.com, July 7, 2024. https://tekno.kompas.com/read/2024/07/04/16050027/ramai-soal-joki-strava-di-media-sosial-apa-itu.
Nawawi, Nawawi. “Kompetensi Juru Dakwah.” KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi 3, no. 2 (January 1, 1970): 287–97. https://doi.org/10.24090/komunika.v3i2.131.
Patimah, Leli, and Yusuf Tri Herlambang. “Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE).” PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran 5, no. 2 (November 8, 2021): 150–58. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i2.18359.
“Pelajar 16 Tahun Ini Nekat Mencuri Motor Milik Anggota Polisi : Okezone News.” Accessed July 22, 2024. https://news.okezone.com/read/2024/05/04/340/3004338/pelajar-16-tahun-ini-nekat-mencuri-motor-milik-anggota-polisi.
“Penyampaian Dakwah Islam Di Media Sosial Bagi Generasi Z: Penyampaian Dakwah Islam Di Media Sosial Bagi Generasi Z.” Al-INSAN Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam 3, no. 1 (November 30, 2022): 1–14.
Putra, Yanuar Surya. “Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi.” Among Makarti 9, no. 18 (Desember 2016). http://dx.doi.org/10.52353/ama.v9i2.142.
Rachmawati, Dewi. “Welcoming Gen Z in Job World (Selamat Datang Generasi Z di dunia kerja).” Proceeding Indonesian Carrier Center Network (ICCN) Summit 2019 1, no. 1 (October 19, 2019): 21–24.
Rizky, Fasha Umh, and Alan Surya. “Become A Professional Da’i In The Era Of Digital Revolution 4.0.” At-Tahdzib: Jurnal Studi Islam Dan Muamalah 9, no. 1 (June 12, 2021): 8–18.
Rozalena, Agustin, and Sri Komala Dewi. Panduan Praktis Menyusun Pengembangan Karier Dan Pelatihan Karyawan. 1st ed. Jakarta: Raih Asa Sukses (Penebar Swadaya Grup), 2016.
Sawitri, Dian Ratna. “Perkembangan Karier Generasi Z: Tantangan dan Strategi dalam Mewujudkan SDM Indonesia yang Unggul.” In Penguatan Ketahanan Keluarga dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Indonesia Unggul, 147–61. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang, n.d. https://doc-pak.undip.ac.id/id/eprint/14336/.
Tribun-bali.com. “Bocah 14 Tahun Curi Sepeda Motor Rekan Kerjanya, Polsek Kuta Selatan Berhasil Amankan Pelaku.” Accessed July 22, 2024. https://bali.tribunnews.com/2024/04/15/bocah-14-tahun-curi-sepeda-motor-rekan-kerjanya-polsek-kuta-selatan-berhasil-amankan-pelaku.
Ummah, Nurul Hidayatul. “Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital.” Jurnal Manajemen Dakwah X, no. 1 (2023): 151–69. https://doi.org/10.15408/jmd.v11i1.32914.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fasha Umh Rizky

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.