Efektivitas Pesan Humas dalam Membangun Citra Netralitas Muhammadiyah pada Konstelasi Pemilu 2024
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i2.76Keywords:
Hubungan Masyarakat, Pesan, Humas, MuhammadiyahAbstract
Pesan humas dalam membangun citra lembaga harus bisa efektif dalam memenuhi tujuan organisasi. Pada faktanya terdapat lembaga dalam membangun citra lembaganya kurang efektif dalam pesan humas yang berkesinambungan dalam merespon isu-isu yang merusak citra yang diharapkan dan kurang konsisten dalam isi pesan humas, sehingga pemangku kepentingan memiliki citra negatif. Muhammadiyah memiliki efektivitas dalam pesan humas membentuk citra sebagai lembaga menjaga netralitas dan tidak terlibat dalam politik praktis. Tulisan ini menggunakan teori efektvitas pesan humas, dan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Artikel ini menggunakan sumber data pesan humas yang disampikan oleh lembaga atau pihak yang mewakili Muhammadiyah dalam menyampaikan sikap dan sanggahan mengenai Netralitas Muhammadiyah dalam pemilu 2024. Hasil dari studi ini menunjukkan pesan humas memiliki: (1) adanya pesan, dan jenis pesan humas dalam membangun tahapan ide/gagasan netralitas (2) adanya pesan dan jenis komunikasi humas dalam tahapan umpan balik, (3) pesan humas yang dibangun memiliki efektivitas berdasarkan 7C (credibility, context, content, clarity, continuity and consistency, channel, capability of the audiens) terutama dalam berkesinambungan pesan dalam merespon isu dan konsisten mengenai sikap netralitas dalam setiap pesan.
Downloads
References
Afizha, Jihan, and Abdul Kholik. “Penerapan Komunikasi Efektif 7C Dalam Pelayanan Informasi Publik Oleh Kantor Pelayanan Kekayaan Negara Dan Lelang Jakarta Ii.” Jurnal Riset Mahasiswa Dakwah Dan Komunikasi 3, no. 3 (2021): 111. https://doi.org/10.24014/jrmdk.v3i3.13683.
Aida, Nur. “Langkah Kerja Jurnalistik Public Relations Organisasi Dakwah.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2023): 49–64. https://doi.org/doi.org/10.55372/hikmah.v1i01.4.
Akbar, Alfitra. “Riset: Organisasi Keagamaan Mempengaruhi Pilihan Di Pilpres 2024.” tirto.id, 2023. https://tirto.id/riset-organisasi-keagamaan-mempengaruhi-pilihan-di-pilpres-2024-gPnA.
Andriyany, Dwi Peny. “Analisis Konsep Produktivitas Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Kerja Karyawan (Studi Literatur).” STIE PGRI Dewantara Jombang., 2021. repository.stiedewantara.ac.id/1868/.
Anggrainy, Firda Cynthia. “Penjelasan Sudirman Said Usai PP Muhammadiyah Kecam Klaim PTMA Saksi AMIN.” detikNews, 2023. https://news.detik.com/pemilu/d-7102641/penjelasan-sudirman-said-usai-pp-muhammadiyah-kecam-klaim-ptma-saksi-amin.
antaranews. “Haedar Tegaskan Muhammadiyah Tidak Terlibat Politik Praktis Dukung Capres.” antaranews, 2023. https://kalteng.antaranews.com/amp/berita/632436/haedar-tegaskan-muhammadiyah-tidak-terlibat-politik-praktis-dukung-capres.
Arif Kurniawan, Muchamad. “Issue Management Sebagai Strategi Memperbaiki Citra Di SMK Purnama Tempuran Magelang.” Jurnal Tadbiruna 1, no. 1 (2021): 9–20. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i1.118.
Arnus, S.H. “Public Relations Dan Human Relations Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi.” Al-Munzir: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Komunikasi Dan Bimbingan Islam 6, no. 1 (2013): 110–19. https://ejournal.iainkendari.ac.id/index.php/al-munzir/article/view/237.
Artis. “Strategi Komunikasi Public Relations.” Jurnal Sosial Budaya 8, no. 02 (2021): 184–97. https://media.neliti.com/media/publications/40435-ID-strategi-komunikasi-public-relations.pdf.
AS. “Kang Iu Rusliana: Timses Jangan Asal Klaim Institusi Muhammadiyah.” klikmu.co, 2023. https://klikmu.co/kang-iu-rusliana-timses-jangan-asal-klaim-institusi-muhammadiyah/.
Astro, Masuki M. “Menjaga NU Dan Muhammadiyah Tak Ditarik Ke Pusaran Dukungan Capres.” antaranews, 2022. https://www.antaranews.com/berita/3201885/menjaga-nu-dan-muhammadiyah-tak-ditarik-ke-pusaran-dukungan-capres.
Azmi, Faiq. “Haedar Nashir Tegaskan Muhammadiyah Tak Dukung Capres Tertentu.” detikNews, 2023. https://www.detik.com/jatim/berita/d-6700681/haedar-nashir-tegaskan-muhammadiyah-tak-dukung-capres-tertentu#google_vignette.
Bicer, Mehmet. Public Relations On the Axis Of Communication. Presidential Power, 2023.
CC, Teddy Malaka. “Begini Klaim Tim Anies-Cak Imin Soal 172 Kampus Universitas Muhammadiyah Mengawal Suara Nomor 1.” bangkapos, 2023. https://bangka.tribunnews.com/2023/12/21/begini-klaim-tim-anies-cak-imin-soal-172-kampus-universitas-muhammadiyah-mengawal-suara-nomor-1.
CNN Indonesia. “Abdul Mu’ti Soal Klaim Cak Imin Didukung Muhammadiyah: Wallahu A’lam.” cnnindonesia.com, 2023. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240113210006-617-1049146/abdul-muti-soal-klaim-cak-imin-didukung-muhammadiyah-wallahu-alam.
———. “PP Muhammadiyah Tegaskan Netral, Tak Dukung Capres Tertentu.” youtube.com, 2023. https://www.youtube.com/watch?v=e60R2CmUwbo.
dailymakkasar.id. “PP Muhammadiyah Kecam Tim AMIN, Ini Sebabnya.” dailymakassar.id, 2023. https://dailymakassar.id/2023/12/21/pp-muhammadiyah-kecam-tim-amin-ini-sebabnya/.
Devito, Joseph. Pengantar Komunikasi Antar Manusia. Tangerang: Karisma Publishing, 2011.
Ervani, Olivia. “Teknik Komunikasi Persuasif Dinas Pariwisata Kota Samadinda Dalam Meningkatkan Kualitas Daya Tarik Wisata Kota Samarinda” 5, no. 3 (2017): 235–47. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2017/08/JURNAL OLIV FIX (235-247) (08-15-17-02-01-15).pdf.
———. “Teknik Komunikasi Persuasif Dinas Pariwisata Kota Samadinda Dalam Meningkatkan Kualitas Daya Tarik Wisata Kota Samarinda” 5, no. 3 (2017): 235–47.
Faisal, Daffa, Farida Berliana, Reza Pahlevi, Revi Febrian, Dzulham Fathullah, Ahmed Al-Ghozi, and Susan Ramadhani. “Dinamika Kepercayaan Publik Di Media Sosial : Krisis Komunikasi Humas Terhadap Isu Korupsi Pertamina.” Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial 2, no. 10 (2025): 362–72.
Harianto, Yudi Asmara. “Mendefinisikan Ulang Komunikasi Persuasif.” The Dynamics of Persuasion: Communication and Attitudes in the Twenty-First Century, 2017, 1–10.
Ishaq, Ropingi el. Kuliah Public Relations: Pengantar Dan Praktik. Edited by Prima Ayu Rizqi Mahanani. Kediri: STAIN Kediri Press, 2015. http://repository.iainkediri.ac.id/455/1/Kuliah%0APublic%0ARelation.pdf.
Kompas.com. “Survei Litbang Kompas: Muhammadiyah Dinilai Bisa Jaga Netralitas Selama Pemilu 2024.” kompas.com, 2024. https://nasional.kompas.com/read/2024/11/18/09394461/survei-litbang-kompas-muhammadiyah-dinilai-bisa-jaga-netralitas-selama.
Kumparan. “PP Muhammadiyah Umumkan Tak Dukung Capres-Cawapres Tertentu Di Pilpres 2024.” kumparanNEWS, 2023. https://kumparan.com/kumparannews/pp-muhammadiyah-umumkan-tak-dukung-capres-cawapres-tertentu-di-pilpres-2024-21i2OteWuzO/1.
Kurniawan, Habib Asha. “Muhammadiyah Dan Politik.” Muhammadiyah Ponorogo, 2022. https://muhammadiyahponorogo.or.id/4146/.
Kustiawan, Winda, Faradiba Shaliha, Ezra Muharrifah, Fadilla Hafizah, Studi Komunikasi, Fakultas Dakwah, U I N Sumatera, and Utara Medan. “Public Relations Dan Manajemen Isu.” Jurnal Pendidikan Tambusai 8, no. 2 (2024): 28734–42. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/17356/12658/31017.
Majelis Diklitbang Muhammadiyah, and LPI PP Muhammadiyah. 1 Abad Muhammadiyah. Edited by Syarifuddin Jurdi. Jakarta: Penerbit Buku Kompas, 2010.
Media Indonesia. “Tiga Partai Berebut Suara Muhammadiyah.” epaper.mediaindonesia.com, 2022. https://epaper.mediaindonesia.com/detail/tiga-partai-berebut-suara-muhammadiyah.
Miles, Matthew B, • A Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook Edition. 3rd ed. SAGE Publications, Inc., 2014.
Muhammad Ilyasa Pradipta Respati, and Budi Santoso. “Strategi Komunikasi Humas Universitas Muhammadiyah Surakarta Untuk Mewujudkan Internasional UMS Melalui Media Sosial Tahun 2022-2024.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2023. https://eprints.ums.ac.id/123491/1/Naskah Publikasi_L100180055_Muh Ilyasa Pradipta Respati.pdf.
Muhammadiyah. “Abdul Mu’ti Tegaskan Posisi Muhammadiyah Netral Dalam Pemilu 2024.” youtube.com, 2023. https://www.youtube.com/watch?v=H8GW8gRXFLQ&ab_channel=MuhammadiyahChannel.
———. “Anggaran Dasar Muhammadiyah.” muhammadiyah.or.id, 2025. https://muhammadiyah.or.id/anggaran-dasar/.
———. “Berikut Data Terbaru Kiprah 111 Tahun Muhammadiyah.” https://muhammadiyah.or.id/, 2023. https://muhammadiyah.or.id/2023/11/berikut-data-terbaru-kiprah-111-tahun-muhammadiyah/.
———. “Merujuk Khittah Muhammadiyah, Haedar Berpesan Kader Jangan Jadi Petugas Partai Di Muhammadiyah.” muhammadiyah.or.id, 2023. https://muhammadiyah.or.id/2023/05/merujuk-khittah-muhammadiyah-haedar-berpesan-kader-jangan-jadi-petugas-partai-di-muhammadiyah/.
———. “Tiga Alasan Mengapa Muhammadiyah Mengusung Misi Mencerahkan Semesta.” muhammadiyah.or.id, 2023. https://muhammadiyah.or.id/2023/05/tiga-alasan-mengapa-muhammadiyah-mengusung-misi-mencerahkan-semesta/.
Mukarom, Zainal, and Muhibudin Wijaya Laksana. Manajemen Public Relation (Panduan Efekif Pengelolaan Hubungan Masyarakat). Edited by Beni Ahmad Saebani. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
———. Manajemen Public Relation (Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan Masyarakat). Edited by Beni Ahmad Saebani. Bandung: Pustaka Setia, 2015.
Nawawi, Ismail. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dwiputra Pustaka Jaya, 2012.
Pohan, Desi Damayani, and Ulfi Sayyidatul Fitria. “Jenis Jenis Komunikasi.” Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies 2, no. 3 (2021): 45–79. https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3.
Purwo, Rakhmad Handin Setya, and Durinta Puspasari. “Peran Humas Dalam Meningkatkan Citra Positif Pada Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 3 (2020): 458–67. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p458-467.
RAFI, MUHAMMAD. “Fungsi Public Relations Dalam Mengkomunikasikan Media Online Medcom.Id.” Jurnal Visi Komunikasi 18, no. 2 (2020): 113–26. https://doi.org/10.22441/visikom.v18i2.9833.
Raharjo, R Sumantri. “Media Relations Di Media Massa (Analisis Deskriptif Kualitatif Terhadap Kegiatan Media Relations TVRI Yogyakarta Dan Jogja Tv).” Jurnal Komunikasi PROFETIK 08, no. 02 (2015): 27–36. https://media.neliti.com/media/publications/224315-media-relations-di-media-massa-analisis.pdf.
Raharjo, Teguh, Khorida AR, Yuri Febriyanti, and Miftahul Jannah. “Muhammadiyah Dan Politik 2024.” Masterpiece: Journal of Islamic Studies and Social Sciences 2, no. 2 (2024): 99–109. https://doi.org/10.62083/a9f7mb47.
Rahayu, Kurnia Yunita, and Anita Yossihara. “Parpol Berebut Simpati Warga Muhammadiyah.” Kompas.id, 2022. https://www.kompas.id/baca/polhuk/2022/11/23/parpol-berebut-simpati-warga-muhammadiyah.
Redaksi MediaMu. “Abdul Mu’ti: Dalam Politik Praktis, Muhammadiyah Akan Netral Aktif.” news.mediamu.com, 2023. https://news.mediamu.com/abdul-muti-dalam-politik-praktis-muhammadiyah-akan-netral-aktif.
Safitri, Eva. “PP Muhammadiyah Kecam Klaim Tim Anies Soal PTMA Muhammadiyah.” detikNews. Accessed May 15, 2025. https://news.detik.com/pemilu/d-7100594/pp-muhammadiyah-kecam-klaim-tim-anies-soal-ptma-muhammadiyah.
Setiawan, Andi. “Muhammadiyah Sebagai Kelompok Kepentingan Dalam Politik Nasional Pascaorde Baru Tahun 1998-2010.” Politika: Jurnal Ilmu Politik 3, no. 2 (2010): 38–46. https://doi.org/10.14710/politika.3.2.2012.38-46.
Siregar, Muklis, and Elly Warnisyah Harahap. “Suprastruktur Dan Infrastruktur Politik Dalam Kehidupan Demokrasi.” Unes Law Review 6, no. 4 (2024): 10181–89. https://review-unes.com/https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/.
Sitepu, Edy Shaputra, and Faulina. Professional Public Relations. Journal of the National Medical Association. Medan: USU Press, 2011.
Suara Muhammadiyah. “Muhammadiyah Berkomitmen Menjaga Netralitas Di Pemilu 2024.” suaramuhammadiyah.id, 2023. suaramuhammadiyah.id/read/muhammadiyah-berkomitmen-menjaga-netralitas-di-pemilu-2024.
———. “Muhammadiyah Dan Politik; Sebuah Ketuntasan Sejarah!” suaramuhammadiyah.id, 2023. suaramuhammadiyah.id/read/muhammadiyah-dan-politik-sebuah-ketuntasan-sejarah.
Susanto, Andi. “Struktur Narasi Dakwah Buku Biografi Ayah…: Kisah Buya Hamka Karya Irfan Hamka.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2, no. 2 (2024): 277–300. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i2.36.
Syaefullah. “Perubahan Konstelasi Politik Dan Perlindungan Perempuan Dan Anak Di Lombok Tengah.” Jurnal Hukum JATISWARA 30, no. 2 (2017): 249–61. https://doi.org/10.29303/jtsw.v30i2.100.
Taufani, Muhammad Reza Ilham. “Organisasi Islam Terbesar RI, NU Apa Muhammadiyah?” CNBC Indonesia, 2024. https://www.cnbcindonesia.com/research/20240403160423-128-528006/organisasi-islam-terbesar-ri-nu-apa-muhammadiyah.
Taufiq, T, and N A Lasido. “Misi Dakwah Profetik Dalam Pendidikan Islam Di Era Milenial.” Ahsan: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 1, no. 2 (2022): 158–71.
Tempo. “Cak Imin Sesumbar 90 Persen Warga Muhammadiyah Dukung Pasangan Amin.” tempo.co, 2023.
Theo, Ikhwan. “Strategi Komunikasi Humas PKU Muhammadiyah Bantul Dalam Pengelolaan Media Sosial Instagram.” Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi 9, no. 4 (2024): 1003–16. https://jurnalilmukomunikasi.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/272.
Utari, Syifa Astasia. “Pentingnya Public Speaking Bagi Kader Muhammadiyah.” Universitas Muhammadiyah Jakarta. Accessed May 15, 2025. https://umj.ac.id/opini/pentingnya-public-speaking-bagi-kader-muhammadiyah/.
Wahid, Abdul. Strategi Membangun Citra Dan Kinerja Lembaga, 2023. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/19612/1/Strategi Membangun Citra dan Kinerja Lembaga.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Andi Susanto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							