Gaya Bahasa Berdasarkan Struktur Kalimat dalam Buku “Tuhan, Ke Manakah Aku Harus Melangkah?” Karya Himma Ahsana
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i2.73Keywords:
gaya bahasa, struktur kalimat, Himma Ahsana, Tuhan Ke Manakah Aku Harus Melangkah?, BukuAbstract
Artikel mengenai variasi gaya bahasa dalam dakwah masih belum banyak berkembang, terutama jika dibandingkan dengan bidang sastra secara umum. Padahal, gaya bahasa memegang peran penting dalam menyentuh emosi mad’uw, terlebih dalam novel dakwah yang panjang, yang menuntut kemampuan menarik perhatian pembaca hingga akhir. Novel sebagai karya sastra panjang memang menghadirkan tantangan tersendiri dalam mempertahankan minat pembaca. Salah satu contoh novel dakwah yang menonjol karya Himma Ahsana yang berjudul Tuhan, Ke Manakah Aku Harus Melangkah? Novel ini menggambarkan perjuangan penuh ujian, dengan penggunaan gaya bahasa yang bervariasi dari awal hingga akhir. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yang digunakan, dengan merujuk pada teori Gorys Keraf. Pendekatannya bersifat kualitatif-deskriptif, menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman. Hasilnya menunjukkan bahwa: pesan akidah dominan menggunakan gaya bahasa klimaks, pesan syariah dominan menggunakan paralelisme dan repetisi, pesan akhlak dominan menggunakan klimaks dan antitesis. Secara keseluruhan, penulis menggunakan gaya bahasa antiklimaks untuk menurunkan intesitas emosi (misalnya menggambarkan kepasrahan). Klimaks untuk membangun emosi dalam menghadapi ujian hidup. Antitesis untuk menunjukkan pertentangan gagasan (misal: keraguan vs keyakinan). Paralelisme untuk menegaskan ide yang saling melengkapi (seperti masalah dan ujian). Repetisi untuk memperkuat pesan inti emosional.
Downloads
References
sttasz. “Book Review,” 2023. https://www.instagram.com/p/C0nXP0RBOEh/?igsh=b3E0N3Zvc2t4ZmNl.
Ahsana, Himma. “Tuhan, Ke Manakah Aku Harus Melangkah?,” 2024, 1–187.
Ario, Foy. “Analisis Buku Fiksi Dan Nonfiksi Bahasa Indonesia Kelas X,” 2020, 1–34.
Fadilah, Muhammad Nur. “Penggunaan Gaya Bahasa Dakwah Ustaz Erwandi Tarmizi Anwar Pada Media Sosial Instagram,” 2024. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/83927/1/MUHAMMAD NUR FADILAH-FDK-L.pdf.
Keraf, Gorys. Diksi Dan Gaya Bahasa. PT Gramedia Pustaka Utama, 2007.
Lia Fatra Nurlaela, Endry Boeriswati, Shafruddin Tajuddin. “Gaya Bahasa Komunikasi Dakwah Dalam Ceramah Syekh Sulaiman Bin Salimullah Ar Ruhaily” 21 (2022): 2588–93.
Lintangreads. “Book Review,” 2023. https://www.instagram.com/p/Cz7ofqUxf5A/?igsh=ejlnaWxhczNxZGp1.
Marlindawati, Leny, Jumadi, and Dwi Wahyu Candra Dewi. “Gaya Bahasa Dakwah Pada Laman Instagram Kadam Sidik Sebagai Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Teks Ceramah.” Argopuro 1, no. 4 (2023): 1–14.
Masruuroh, Lina. “Pengantar Teori Komunikasi Dakwah Edisi Revisi.” Surabaya: Scopindo, 2021.
Nendidwiwahyuni. “Book Review.” 19 November 2023, 2023. https://www.instagram.com/p/Cz0zUtBRgfi/?igsh=bTFmeG90ZnBxejhx.
Pirol, Abdul. KOMUNIKASI DAN DAKWAH ISLAM. Edited by Sulaeman Jajuli. Sleman: Deepublish, 2018.
Pritanto. “Gaya Bahasa Berdasarkan Struktur Kalimat Dalam Pantun Adat Jambi.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents 6, no. 1 (2016): 61–79.
Radhiah. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-1 Materi Membangun Budaya Literasi Dengan Mencintai Buku Fiksi Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Pada SMP Negeri 1 Batee Kabupaten Pidie.” Serambi Akademia 8, no. 8 (2020): 1418–28.
Rahmi. “Bab I Pendahuluan.” Galang Tanjung, no. 2504 (2021): 1.
Rakhmat, Jalaluddin. Retorika Modern Pendekatan Praktis. 1st ed. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1992.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RD. Bandung: Alfabeta, 2015.
Syarifudin, Imam. “Gaya Bahasa Berdasarkan Struktur Kalimat Pada Debat Calon Presiden Periode II Pemilihan Umum 2019.” Sustainability (Switzerland) 11, no. 1 (2019): 1–14. http://scioteca.caf.com/bitstream/handle/123456789/1091/RED2017-Eng-8ene.pdf?sequence=12&isAllowed=y%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.regsciurbeco.2008.06.005%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI.
Viadravia. “Book Review.” 26 November 2023, 2023. https://www.instagram.com/p/C0G9278x9QS/?igsh=MTJ3YTZkdm41ZzJqYw==.
Wahyuni, Sri. “Analisa Gaya Bahasa K.H. Ahmad Mustofa Bisri Pada Puisi ‘Selamat Tahun Baru Kawan’” 05, no. 01 (n.d.): 157–74. http://inteleksia.stidalhadid.ac.id/index.php/inteleksia/article/view/224/141.
Zanuba Arrifah, F. “Gaya Bahasa Dakwah Habib Husein Ja’far Dalam Video YouTube ‘Palestina Dan Israel Bukan Konflik Agama.’” Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo 70 (2022): 9–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selvia Nur Astuti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							