Khotbah Persuasi Nabi Muhammad Saw. pada Peristiwa Haji Wada
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i2.69Keywords:
Khotbah Persuasi Dakwah, Khotbah, Nabi Muhammad Saw.Abstract
Peristiwa haji menjadi momentum yang sakral bagi umat Islam dalam meningkatkan spiritualitasnya. Salah satunya yakni momen Haji Wada yang memiliki kemenarikan dibandingkan ibadah haji pada umumnya. Dimana, peristiwa tersebut dimanfaatkan Rasulullah dalam menyampaikan dakwah melalui Khotbahnya di penghujung usia. Beliau hendak menguatkan nilai-nilai Islam dalam diri umatnya, sebelum kepergiannya kelak. Pesan yang diangkat berkaitan dengan ketauhidan, larangan riba, setan sebagai ancaman manusia, dan pesan lainnya. Rasulullah memiliki kedudukan sebagai pemimpin Islam dan memiliki kewenangan untuk berdakwah dengan metode perintah. Namun, beliau justru menerapkan teknik komunikasi persuasi dalam Khotbahnya. Hingga akhirnya dakwah tersebut berhasil menyentuh umat Islam dan bersedia menjalankan ajaran Islam tanpa paksaan. Artikel ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode dokumentasi dari buku Sirah Nabawiyah. Analisa pesan Khotbah Rasulullah menggunakan teori komunikasi persuasi Onong Ucjana Effendy, Gary Cronkhite, dan William S. Howell. Hasil analisis menunjukkan bahwa Nabi Muhammad Saw. menggunakan beberapa teknik komunikasi dakwah persuasi dalam Khotbahnya, yaitu asosiasi, ganjaran, integrasi, koisidental, say it with flowers, transfer, stimulated disinterest, dan don’t ask if, as wich.
Downloads
References
Aghnat, Qorna, Aisyah Wahyu Azani, Putri Ramadhani, Lilia Farah Hamidah, dan Lathievah Rovinuraini. Praktik Riba Dalam Kehidupan Bermasyarakat: Perspektif Sosial Dan Agama Di Era Modern. 10, no. 4 (2024). https://doi.org/10.8734/mnmae.v1i2.359.
Aghniya, Sinta. “Komunikasi Dakwah Pada Majelis Dzikir Dan Sholawat Nurunnaja Di Dusun Pemandi Desa Urai Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara.” Skripsi Program Studi Komunikasi Dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, Dan Dakwah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu, 2022.
“Al-Qur’an Kemenag.” Diakses 2 April 2025. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/33?from=21&to=21.
“Al-Qur’an Kemenag.” Diakses 2 April 2025. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/2?from=275&to=275.
“Al-Qur’an Kemenag.” Diakses 13 Januari 2025. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/24?from=21&to=21.
“Al-Qur’an Kemenag.” Diakses 13 Januari 2025. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/9?from=36&to=36.
“Al-Qur’an Kemenag.” Diakses 13 Januari 2025. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/9?from=37&to=37.
“Al-Qur’an Kemenag.” Diakses 13 Januari 2025. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/49?from=13&to=13.
Damayanti, Rizka, dan Ellya Roza. Sistem Kepercayaan Paganisme Masyarakat Arab Pra Islam. 8 (2024).
Dewi, Ratna. “Komunikasi Satu Arah Pada Khutbah Jum’at Dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Di Masjid An-Nur Kelurahan Waydadi Kecamatan Sukarame.” Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, 2019.
Dia, Kelaut, dan Sri Wahyuni. “Teknik Komunikasi Persuasif Buya Yahya Pada Ceramah ‘Apa Dan Bagaimana Hijrah Itu?’” Realita : Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam 19, no. 1 (2022). https://doi.org/10.30762/realita.v19i1.3411.
Fatikhah, Friska Syahidatul. “Komunikasi Persuasi Dakwah dalam Pidato Abu Bakar pada Peristiwa Saqifah Bani Saidah.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (2024). https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.19.
Ghaitsa A. G, Raditya, dan Muhammad Adiran Agusetiawan. “Manfaat Khutbah Jumat Untuk Kesehatan Mental.” Journal Islamic Education 1, no. 4 (2023). https://maryamsejahtera.com/index.php/Education/index.
Haekal, Muhammad. Sejarah Hidup Muhammad. Litera AntarNusa, 2014.
Haekal, Muhammad Husain. Sejarah Hidup Muhammad. Litera AntarNusa, 2014.
Harianto, Yudi Asmara. “Teknik Persuasi Nabi Muhammad Kepada Kaum Anshar Dalam Pembagian Ghanimah Perang Hunain.” Jurnal Lentera 21, no. 1 (2022). https://doi.org/10.29138/lentera.v21i1.537.
Ismail, Asep Usman. “Wawasan Al-Qur’an tentang Media Komunikasi dan Informasi.” Jurnal Lektur Keagamaan 10, no. 2 (2012).
Isnaini, Muhammad, dan Iskandar Iskandar. “Akal Dan Kecerdasan Dalam Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” Mushaf Journal: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 1, no. 1 (2021): 103–18. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.13.
Izza, Ismatul, Sinta Prayogi, Debi Setiawati, dan Ikip Budi Utomo. Diskriminasi Gender Pada Masa Pra Islam Terhadap Lahirnya Kesetaraan Gender. 1, no. 2 (2022).
Jayusman. “Aspek Ketauhidan Dalam Sistem Kalender Hijirah.” Al-AdYaN V, no. 1 (2010).
“Khutbah Jum’at Persuasif H. Ahmad Zahro Di Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya.” Skripsi Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, 2019.
Kisworo, Budi. “Ibadah Haji Ditinjau Dari Berbagai Aspek.” Al-Istinbath : Jurnal Hukum Islam 2, no. 1 (2017): 75. https://doi.org/10.29240/jhi.v2i1.194.
Krisdianto, Didit. “Komunikasi Persuasif Dakwah Nabi Muhammad Menanggapi Penawaran Menghentikan Dakwah oleh Pemuka Quraisy.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 2 (2024): 419–36. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i2.45.
Lubis, Evawani Elysa, dan M Si. Strategi Komunikasi Persuasif Personal Selling Dalam Meningkatkan Nasabah Pada Produk Asuransi Umum Di PT. Jasaraharja Putera Cabang Pekanbaru. 3, no. 2 (2016).
Malik, Rusman, Sairin Tugino, dan Dede Indra Setiabudi. “Analisis Peradaban Islam Melalui Sejarah Nabi Muhammad SAW Sebagai Nilai Pelajaran Dunia.” Relinesia: Jurnal Kajian Agama dan Multikulturalisme Indonesia 2, no. 1 (2023): 68–77. https://doi.org/10.572349/relinesia.v1i2.635.
Masruuroh, Lina. Komunikasi Persuasif dalam Dakwah Konteks Indonesia. SCOPINDO Media Pustaka, 2020.
Maulidi, Ahmad Riyadh, Muhammad Syukri, dan Annisa Fadila Mardhatillah. “Kemampuan Nabi Muhammad SAW. Dalam Merubah Lingkungan Masyarakat Arab Jahiliyah: Tinjauan Psikologi Pendidikan.” PSYCHE: Jurnal Psikologi 4, no. 1 (2022): 65–83. https://doi.org/10.36269/psyche.v4i1.634.
Muhyiddin, Luthfi. “Gaya Bahasa Khutbah Jum’at (Kajian Pola Retorika).” At-Ta’dib 8, no. 2 (2013). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.507.
Nasution, Gusniarti, Nabila Jannati, Violeta Inayah Pama, dan Eniwati Khaidir. “Situasi Sosial Keagamaan Masyarakat Arab Pra Islam.” TSAQIFA NUSANTARA: Jurnal Pembelajaran dan Isu-Isu Sosial 1, no. 1 (2022): 85. https://doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i1.16541.
Nur Aida, Azlika Purnama Sari. “Teknik Komunikasi Persuasif Ahmad Rifa’i Rif’an Dalam Dakwah Kepada Kalangan Milenial.” Alamtara: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 5, no. 2 (2021): 127–47. https://doi.org/10.58518/alamtara.v5i2.762.
Rafid, Noercholish. “Nilai Keadilan Dan Nilai Kemanfaatan Pada Jarimah Qisas Dan Diyat Dalam Hukum Pidana Islam.” Milkiyah: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 1, no. 1 (2022): 8–14. https://doi.org/10.46870/milkiyah.v1i1.154.
Rizky, Fasha Umh, dan Nur Syam. “Komunikasi Persuasif Konten Youtube Kementerian Agama dalam Mengubah Sikap Moderasi Beragama.” Jurnal Ilmu Komunikasi 11, no. 1 (2021): 16–33. https://doi.org/10.15642/jik.2021.11.1.16-33.
Rohmah, Nihayatur. Dinamika Almanak Masa Pra Islam Hingga Era Islam; Studi atas Penanggalan Sistem Solar, Lunar dan Luni-Solar. 11, no. 2 (2019).
Shihab, M. Quraish. Membaca Sirah Nabi Muhammad SAW Dalam Sorotan Al-Qur’an Dan Hadits-Hadits Shahih. Penerbit Lentera Hati, 2011.
Sintia Yulianti, Jeski Maulana, Widia Wiska, Ega Nasyifa, Wismanto Wismanto, dan Fitria Mayasari. “Perjalanan Dakwah Rasulullah SAW dari Makkah ke Madinah.” Reflection : Islamic Education Journal 2, no. 1 (2024): 40–48. https://doi.org/10.61132/reflection.v2i1.377.
State Islamic University of North Sumatra, Medan, Khatibah Khatibah, Nawir Yuslem, State Islamic University of North Sumatra, Indonesia, Abdullah Abdullah, dan State Islamic University of North Sumatra, Medan. “Prophet Muhammad’s Rhetoric; An Analysis Of Prophet Muhammad Speech On Wada’ Pilgrim In Sahih Al-Bukhari.” International Journal on Language, Research and Education Studies 2, no. 2 (2018): 281–93. https://doi.org/10.30575/2017/IJLRES-2018050811.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit ALFABETA, 2018.
Sumarsih, Nanik, Edi Setiyanto, dan Wening Handri Purnami. Wacana hortatori dalam bahasa Jawa. With Balai Bahasa Yogyakarta (Indonesia). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Bahasa Daerah Istimewa Yogyakarta, 2016.
Wahdi, Ali. “Historis Waris Jahiliyah dan Awal Islam.” Al-Manhaj: Journal of Indonesian Islamic Family Law 1, no. 2 (2019): 86. https://doi.org/10.19105/al-manhaj.v1i2.3075.
Wargadinata, Wildana. “Tradisi Arab Di Masa Nabi (Dalam Perspektif Teori Change And Continuity).” Jurnal “El-Harakah” 5, no. 2 (2003).
Widianto, Lutfi Alvian. Teknik Persuasif Bung Tomo Pada Pidato 10 November 1945 Di Surabaya. 1, no. 1 (2019).
Zain, Nisfun Laily. “Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Jurnal Nomosleca 3, no. 2 (2017). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i2.2034.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Ryan Pratama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
 
						 
							