Langkah Kerja Jurnalistik Public Relations Organisasi Dakwah

Authors

  • Nur Aida STID Al-Hadid

DOI:

https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i01.4

Keywords:

Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Organisasi Dakwah

Abstract

Public relations penting tidak hanya untuk organisasi bisnis tapi juga organisasi dakwah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan publikasi kegiatan dengan instrumen pemberitaan melalui jurnalistik public relation. Masalahnya kajian terkait hal tersebut belum banyak diulas, kajian jurnalistik hari ini banyak berkaitan dengan pemberitaan peristiwa penting untuk menjawab kebutuhan informasi khalayak. Tulisan ini bertujuan untuk menggagas langkah-langkah dasar pembuatan jurnalistik public relation untuk organisasi dakwah. Menggunakan metode kualitatif teoritis basic research, dengan dengan cara melakukan sisntesis antara teori jurnalistik, teori public relation dengan konsep organisasi dakwah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah pembuatan berita untuk public realtion organisasi dakwah tidak berbeda jauh dengan berita untuk media massa. Yakni memilih peristiwa, menetapkan sudut pandang, menggali data, menyusun kerangka dan menulis. Perbedaanya adalah jurnalistik public relation organisasi dakwah memilih peristiwa yang berkaitan dengan organisasi dakwah, memilih sudut pandang, menggali data, menyusun kerangka dan menyajikan berita, semuanya diarahkan untuk mencapai tujuan public relation organisasi dakwah.

 

Abstract: Public relations is important not only for business organizations but also da'wah organizations. One way that can be done is to publish activities with reporting instruments through public relations journalism. The problem is that studies related to this matter have not been widely reviewed, jurnalisic studies today are mostly related to reporting on important events to answer the information needs of the public. This paper aims to initiate the basic steps of making public relations journalism for da'wah organizations..Using qualitative basic research theoretical methods, by means of synthesizing jurnalisic theory, public relations theory with the concept of da'wah organization. The results of the study show that the steps for making news for the public relations of da'wah organizations are not much different from news for the mass media. Namely choosing events, setting points of view, digging data, compiling frameworks and writing. The difference is that the jurnalisic public relations organization of the da'wah chooses events related to the da'wah organization, chooses a point of view, explores data, compiles a framework and presents the news, all of which are directed towards achieving the goals of the da'wah organization's public relations.

Keywords: Journalism, Public Relations, Da'wah Organization

Downloads

Download data is not yet available.

References

Affandy, Shofyan. “Formulasi Strategi Dakwah: Adaptasi Framework Manajemen Strategis Untuk Dakwah Berjangka Pendek.” Inteleksia - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 2 (2 Desember 2022): 217–36.

Amaliah, Eni. “Jurnalistik Islam Di Era Media Sosial.” Komunika 2, no. 2 (31 Desember 2019): 128–52. https://doi.org/10.24042/komunika.v2i2.6035.

Basuki, Bramantya, Respati Wasesa, dan Ni Made Purnamasari. Jurnalistik Dasar Resep Dari Dapur Tempo. Jakarta: Tempo Institute, 2017.

Djuraid, Husnun N. Panduan Menulis Berita. Malang: UPT Penerbitan Universitas Muhammadiyah malang, 2012.

Kango, Andries. “Jurnalistik Dalam Kemasan Dakwah.” Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 1 (2014): 105–14.

Kasman, Suf. “Jurnalistik Dakwah (Sebuah Model Komunikasi Islami).” Jurnal Jurnalisa 3, no. 1 (1 Agustus 2017): 46–60. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v3i1.3058.

Lesmana, Fanny. Feature Tulisan Jurnalistik Yang Kreatif. Yogyakarta: CV Andi Offset, 2017.

Maha Rani, Ni Luh Ratih. “Persepsi Jurnalis dan Praktisi Humas terhadap Nilai Berita.” Jurnal Ilmu Komunikasi 10, no. 1 (1 Juni 2013). https://doi.org/10.24002/jik.v10i1.155.

Mawehda. “Konsep Total Reward untuk Membangun Kinerja Sumber Daya Manusia Pada Organisasi Dakwah.” Inteleksia - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 2 (8 Desember 2022): 403–26. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i2.248.

Meidayanti, Anisah. “Implementasi Jurnalisme Dakwah dalam Media Online Islam: Analisis Isi Berita VOA-Islam.com.” Jurnal Komunikasi Islam 10, no. 1 (10 Juni 2020): 173–93. https://doi.org/10.15642/jki.2020.10.1.173-193.

Morissan. Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana, 2008.

Mukarom, Zainal, dan Muhibudin Wijaya Laksana. Manajemen Public Relation: Panduan Efektif Pengelolaan Hubungan masyarakat. Bandung: CV Pustaka Setia, 2015.

Nurjanah, Adhianty, Wulan Widyasari, dan Frisky Yulianti. “Public Relations & Media Relations (Kritik Budaya Amplop Pada Media Relations Institusi Pendidikan Di Yogyakarta).” Jurnal Komunikasi 7, no. 1 (2015).

Qudratullah. “Konsep Jurnalisme Dakwah Dalam Mencegah Tindak Korupsi.” Nuansa: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam 16, no. 2 (28 November 2019): 294. https://doi.org/10.19105/nuansa.v16i2.2642.

Romli, Asep Syamsul M. Jurnalistik Online Panduan Mengelola Media Online: Kiat Blogger, Teknik SEO, Metode Kerja Citizen Journalism. 2 ed. Bandung: Nuansa Cendekia, 2018.

Solehah, Nadiatu, Muhammad Irsyad Fadhil, Mahiya Keysha Adhella Ferde, Adrian Wibowo, dan Yayat Suharyat. “Etika Jurnalisme Dalam Pandangan Al-Qur’an.” Jurnal Telangke Ilmu Komunikasi 4, no. 2 (25-31): 22-07–02.

Sumadiria, A. S. Haris. Jurnalistik Indonesia Menulis Berita Dan Feature: Panduan Praktis Jurnalis Profesional. Cet. 2. Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2006.

Tamin, Indrawadi. “Strategi Public Relations Dalam Memenuhi Ekspentasi Jurnalistik.” Jurnal Komunikologi 4, no. 2 (September 2007): 114–19.

Wahjuwibowo, Indiwan Seto. Pengantar Jurnalistik: Teknik Penulisan Berita, Artikel & Feature. Tangerang: PT Matana Publishing Utama, 2015.

Published

2023-07-01

How to Cite

Aida, N. (2023). Langkah Kerja Jurnalistik Public Relations Organisasi Dakwah. Bilhikmah, 1(1), 49–64. https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i01.4

Issue

Section

Articles