Karakteristik Program Radio dalam Penyampaian Pesan Dakwah

Authors

  • Dian Apriyanti STID AL HADID

DOI:

https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.28

Keywords:

Radio, Radio Dakwah, Pesan Dakwah, Media Dakwah

Abstract

Artikel ini menjawab persoalan terkait karakteristik program radio untuk tujuan dakwah. Dalam komumunikasi massa, penggunaan media mutlak dibutuhkan, mengingat massa sangat besar baik secara jumlah dan sebaran, sehingga dai tidak memungkinkan menyampaikan pesan secara langsung. Salah satu media komunikasi massa adalah radio. Kemunculan televisi dan media internet sempat diperkirakan membuat radio ditinggalkan oleh pendenganya yang berpotensi beralih ke media digital. Tapi nyatanya tidak. Sampai saat ini radio masih menjadi preferensi bagi para pendengarnya. Tidak terkecuali fungsi radio untuk menyampaikan pesan dakwah. Saat menjadi media dakwah, program radio memiliki karakteristik yang khas, mulai dari sistematika atau urutan acara, diksi yang digunakan, sapaan dari penyiar ke pendengar, pemilihan iklan, dan tentunya tema dakwah yang termuat dalam setiap programnya. Artikel ini menggunakan teori manajemen penyiaran dan teori-teori terkait komunikasi dakwah. Untuk menjawab rumusan masalah dalam artikel, digunakan jenis penelitian pustaka dan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasilnya yaitu karakteristik program radio untuk menyampaikan pesan dakwah antara lain ada pada aspek paralinguistik, diksi yang sesuai, pesan verbal yang cenderung lengkap, interaksi dengan pendengar yang seimbang, good voice, dan iklan yang tidak bertentangan dengan nilai dakwah. Semua karakterisik tersebut disesuaikan dengan jenis radio, jenis program radio, target komunikan/ pendengar dan jenis pesan dakwah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Nur. “Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik.” AT-TABSYIR STAIN Kudus 3, no. 2 (2015). http://journal.iainkudus.ac.id/index.php/komunikasi/article/download/1646/1482.

———. “Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik.” AT-TABSYIR STAIN Kudus 3, no. 2 (2015).

Aminudin, Aminudin. “Media Dakwah.” Al-Munzir 9, no. 2 (2018): 192–210.

Anugrah, Indah, Umi Sara, dan Erwan Effendy. “Mengelola Konsep Dasar Siaran Radio, Televisi, dan Multimedia (Internet) Bermuatan Dakwah.” Sci-tech Journal (STJ) 2, no. 1 (2023): 105–19.

Aziz, Moh Ali. Ilmu Dakwah: Edisi Revisi. Prenada Media, 2004.

Dhamayanti, Meilani. “Pemanfaatan Media Radio Di Era Digital.” Jurnal Ranah Komunikasi (JRK) 3, no. 2 (2020): 82–89.

FATWA, RADIO. “Islamic Tanya-Jawab Programmes on Radio Dakwah.” Journal of Asian Studies 6, no. 1 (2004). https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9793/.

Gogali, Venessa Agusta, dan Muhammad Tsabit. “Eksistensi Radio Dalam Program Podcast Di Era Digital Konten.” Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 3, no. 1 (2020): 64–73.

Hapsari, Dian Tri. “Jurnalisme Radio di Era Digital: Tranformasi dan Tantangan.” Masyarakat Indonesia 44, no. 1 (2019): 61–74.

Ismed, Mohammad. “Perubahan dan Inovasi Media Radio di Era Digital.” Jurnal Kajian dan Terapan Media, Bahasa, Komunikasi 1 (2017): 92–102.

Jafar, Iftitah, dan Mudzhira Nur Amrullah. “Bentuk-Bentuk Pesan Dakwah Dalam Kajian Al-Qur’an.” Jurnal Komunikasi Islam 8, no. 1 (2018): 41–66.

Kristianto, Aris. “Pesan Dakwah Perintah Menutup Aurat Surat An-Nūr Ayat 31 Perspektif Antropologi Quran.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2023): 211–32.

Kustiawan, Winda, Alya Hamzah Panggabean, Ika Sartika, Tris Supriadi, Irma Yanti Lubis, Yughni Faidah, dan Muhammad Harmain. “Program Siaran Radio.” Innovative: Journal Of Social Science Research 3, no. 2 (2023): 3192–3202.

Kustiawan, Winda, Anissa Rahmadhani, Nadya Syakilah, Novi Lestari, Rizqi Ramadhani Siregar, dan Tasya Salsabila. “Copywriting Style Dan Struktur Naskah Radio.” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi 2, no. 3 (2022): 36–43.

Kustiawan, Winda, Anis Safitri, Indah Sari, Rani Puspita, dan Siti Zahara. “Karakteristik Radio.” JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi dan Manajemen 2, no. 2 (2022): 3149–54.

Kustiawan, Winda, Nurhayati Br Sembiring, Aisyah Amini Salam, Sallima Zarli Lubis, Nandini Nandini, dan M. Zidan Sayrevi. “Radio Broadcasting Basic.” Jurnal Pendidikan Tambusai 7, no. 2 (2023). https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/6933.

Kustiawan, Winda, Ari Oldwin Sitorus, Aidil Masri, Fatur Rizky Sylvanad, Melda Wati Simanjuntak, dan Nurhalimah Br Manik. “Kelebihan Dan Kekurangan Radio.” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi 2, no. 3 (2022): 72–77.

Kustiawan, Winda, Amran Sahputra Tanjung, Ali Akbar Siregar, Azbar Rifa’i, dan Anggi Martuah Purba. “Sejarah Singkat Radio, Format, Perangkat Siaran, Revolusi Serta Keunggulan Dan Kelemahannya.” Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Komunikasi 2, no. 3 (2022): 85–90.

Munthe, Muktarruddin. “Penggunaan radio sebagai media komunikasi dakwah.” Jurnal Komunika Islamika: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Kajian Islam 5, no. 2 (2019).

Nasor, Muhammad. “Optimalisasi Fungsi radio sebagai media dakwah.” Al-Adyan: Jurnal Studi Lintas Agama 12, no. 1 (2017): 105–28.

Prianto, Agung Teguh. “Komunikasi Dakwah Berbasis Multikultural dalam Perspektif Al-Qur’an.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (2023): 193–210.

Rahayu, Tresna Yumiana, dan Kartini Rosmalah Dewi Katili. “Strategi Program Radio Dalam Mempertahankan Eksistensinya.” Makna: Jurnal Kajian Komunikasi, Bahasa, dan Budaya 4, no. 1 (2019): 139–53.

Rahmi, Dina Evi, Syukur Kholil, dan Ali Akbar. “Strategi Penyiaran Dakwah Radio Al-Fatih 107.3 FM Medan dalam Meningkatkan Pengetahuan Keislaman.” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu 1, no. 3 (2023): 161–67.

Razali, DP Geoakta, dan Deria Pradana Putri. “Manajemen Penyiaran Radio dalam Menghadapi Persaingan Media di Era Digital pada Industri Penyiaran.” (Studi Kasus pada Radio Smartfm 101.8 Pekanbaru). Jurnal Akrab Juara, 2020. https://www.academia.edu/download/94287773/jurnal-ganjill-2020.pdf.

———. “Manajemen Penyiaran Radio dalam Menghadapi Persaingan Media di Era Digital pada Industri Penyiaran.” (Studi Kasus pada Radio Smartfm 101.8 Pekanbaru). Jurnal Akrab Juara, 2020.

Saad, Syamsidah, dan Raja Masittah Raja Ariffin. “Makna tersurat dan tersirat dalam iklan di radio berdasarkan teori imej.” International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 2014. http://journal.ump.edu.my/ijleal/article/view/420.

Siddiq, Muhammad, Winda Kustiawan, Muhammad Dhio Irzwansyah, Dirga Ayu Sulistia, Fatur Rizky Sylvana, dan Ray Syam Piqri. “Eksistensi Radio Sebagai Pengembangan Dakwah.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat 2, no. 3 (2022): 791–95.

Sirait, Zulkarnain, dan Cecep Maulana. “Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Pada Konteks Percakapan Iklan Komersil di Radio.” JBSI: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia 1, no. 01 (2021): 56–64.

Siregar, Evy Asroany, Ihsan Almunawwar Siregar, dan Erwan Efendy. “Memahami Pesan Dakwah Dalam Siaran.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4, no. 6 (2022): 12128–37.

TV Suara Muslim. “Mozaik.” Kesiapan untuk Episode Hidup yang Sering Tak Terduga, Belajar dari Abu Bakar Assidiq, t.t.

Published

2024-01-30

How to Cite

Apriyanti, D. (2024). Karakteristik Program Radio dalam Penyampaian Pesan Dakwah. Bilhikmah, 2(1), 191–210. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.28

Issue

Section

Articles