Gaya Komunikasi Dakwah Ustaz Yahya Zainul Maarif di Kanal YouTube Al-Bahjah TV
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.22Abstract
Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi secara mendalam terkait implementasi gaya komunikasi dakwah ustaz Yahya Zainul Maarif pada dua ceramahnya di kanal YouTube Al-Bahjah TV yang berjudul “Kenapa Mudah Tersinggung dan Mudah Marah?” dan berjudul “Cara Mengobati Hati”. Topik ini didorong oleh banyaknya dai yang belum memperhatikan gaya komunikasi yang tepat saat berdakwah. Akibatnya dakwah sulit diterima oleh obyek dakwah. Oleh karena itu, seorang dai tidak hanya berperan sebatas menyampaikan nilai-nilai dakwah saja. Melainkan juga perlu memperhatikan gaya komunikasi dakwah yang baik dan tepat. Serta perlu adanya penyesuaian implementasi gaya komunikasi dakwah yang tepat di berbagai bentuk komunikasi dakwah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ustaz Yahya Zainul Maarif menggunakan gaya komunikasi dakwah asertif. adapun dari kedua video tersebut terdapat indikasi baru dari gaya komunikasi dakwah asertif yang digunakan oleh Ustaz Yahya Zainul Maarif Jamzuri di kanal YouTube Al-Bahjah TV yakni: (a) attentive style, yaitu menyampaikan pesan dakwah dengan memberikan perhatian penuh terhadap kondisi obyek dakwah sehingga pesan berisi simpati dan empati tanpa menyinggung, (b) impersive style, yaitu memberikan pengaruh pada pesan agar mudah diingat oleh obyek dakwah, (c) friendly style, yaitu menyampaikan pesan dakwah dengan cara bersahabat, dekat, ramah, dan memberikan respons positif.
Downloads
References
“(19) Al-Bahjah TV - YouTube.” Diakses 17 November 2023. https://www.youtube.com/.
Al Farisi, Achmad. “Teknik Argumentasi Ceramah Bertema Vaksinasi COVID-19 di Media Youtube.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 5, no. 1 (22 Juni 2023): 175–96. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i1.234.
Gudykunst, William B., Stella Ting-Toomey, dan Elizabeth Chua. Culture and interpersonal communication. Sage Publications, Inc, 1988. https://psycnet.apa.org/record/1988-98698-000.
Ilaihi, Wahyu. “Komunikasi Dakwah,” 14, t.t.
Indah, Mutiara. “Strategi Komunikasi Dakwah Buya Yahya di Youtube.” Dakwah dan Ilmu Komunikasi, 12 Juli 2023. https://idr.uin-antasari.ac.id/24333/.
Kafie, Jamaludin. Pengantar Ilmu Dakwah, t.t.
Kirtley, Michelle D., dan James B. Weaver. “Exploring the Impact of Gender Role Self-Perception on Communication Style.” Women’s Studies in Communication 22, no. 2 (Oktober 1999): 190–209. https://doi.org/10.1080/07491409.1999.10162420.
Kodir, Kaka Hasan Abdul, dan Anggit Rizkianto. “Gaya Komunikasi Dakwah Husein Ja’far Al-Hadar dalam Ceramahnya di Youtube | The Communication Style of Husein Ja’far Al-Hadar’s Da’wah in his Lecture on Youtube.” Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4, no. 2 (13 Maret 2021): 49. https://doi.org/10.31764/jail.v4i2.4317.
Liliweri, Alo. Komunikasi antar personal. Prenada Media, 2017.
———. Komunikasi serba ada serba makna. Kencana, 2010.
Mandiro, Agung. “PROBLEMATIKA ULAMA.” Jurnal Ilmiah Spiritualis: Jurnal Pemikiran Islam Dan Tasawuf 7, no. 2 (2021): 139–54. https://doi.org/10.53429/spiritualis.v7i2.349.
Novitasari, Isti. “Studi Deskriptif Gaya Komunikasi Mertua Perempuan Dengan Menantu Perempuan Yang Tinggal Dalam Satu Rumah Di Kelurahan Tanjung.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2016.
Pratiwi, Bayu Nitin. “Analisis Gaya Komunikasi Ahmad Faiz Zainuddin.” Jurnal Ilmu Komunikasi Unmul 5, no. 3 (2017): 376–87.
“Qur’an Kemenag.” Diakses 22 Agustus 2023. https://quran.kemenag.go.id/quran/per-ayat/surah/16?from=125&to=128.
Rizka Amelia, 1216031098. “Gaya Komunikasi Dakwah Bil-Lisan yang digunakan Ustadz di Majelis Taklim (Studi pada Majelis Taklim Rachmat Hidayat Bandar Lampung).” Skripsi. Universitas Lampung: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 8 Mei 2017. http://digilib.unila.ac.id/27093/.
Saefurohman, Yazid Adzadin. “Personal Branding Buya Yahya melalui Dakwah Digital di Youtube Al-Bahjah TV: Studi analisis isi pada konten Dakwah Digital Buya Yahya.” Other, UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2023. https://digilib.uinsgd.ac.id/72994/.
“Teknik Komunikasi Persuasif Buya Yahya Pada Ceramah ‘Apa Dan Bagaimana Hijrah Itu?’ | Realita: Jurnal Penelitian dan Kebudayaan Islam.” Diakses 31 Agustus 2023. http://jurnallppm.iainkediri.ac.id/index.php/realita/article/view/84.
Yulista, Yera. “Gaya Komunikasi Mubaligh Dalam Sorotan Publik.” Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan 7, no. 1 (1 Juni 2016): 1–22. https://doi.org/10.32923/maw.v7i1.93.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dian Maresta, Achmad Al Farisi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.