Komunikasi Siaran Pers Organisasi Dakwah Berbasis Situational Crisis Communications Strategies
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i1.54Kata Kunci:
Komunikasi Krisis, Press Release, SCCTAbstrak
Artikel ini menjawab persoalan terkait komunikasi press release bagi organisasi dakwah. Dalam menjalankan aktivitasnya, organisasi dakwah bisa jadi mengalami situasi krisis yang berpotensi memperburuk citra organisasinya. Press release seringkali dijadikan media untuk menjelaskan pada publik terkait situasi krisis yang dihadapi beserta respon terhadap situasi tersebut. Artikel ini menggunakan Situational Crisis Communication Theory (SCCT) dan teori penyusunan press release. SCCT untuk menganalisis strategi/teknik komunikasi krisis, sedangkan teori penyusunan press release digunakan untuk mengidentifikasi unit analisis. Jenis penelitian pustaka dan metode kualitatif deskriptif. Artikel ini membahas studi kasus beberapa press release dari beberapa organisasi dakwah sebagai contoh penerapan. Hasilnya dapat ditemukan simpulan yaitu terdapat karakteristik dalam press release bagi organisasi dakwah pendekatan situasional crisis communications strategies, meliputi heading yang berisi judul yang mewakili isi dari press release, lead yang berisi pengantar atau situasi krisis yang melatarbelakangi terbitnya press release, kemudian body yang berisi strategi/teknik yang digunakan dalam Komunikasi krisis, yang dalam studi kasus yang diteliti seperti non existence, distance, ingratiation dan mortification, dengan bentuk teknik-tekniknya masing-masing, kemudian leg yang umumnya berisi strategi/teknik lain yang juga digunakan, atau bisa juga berisi salam penutup atau kontak dari organisasi yang bisa dihubungi jika masih terdapat ketidakpuasan publik atas terbitnya press release tersebut.
Unduhan
Referensi
Alimuddin, Nurwahidah. “Konsep Dakwah Dalam Islam.” HUNAFA: Jurnal Studia Islamika 4, no. 1 (2007): 73–78.
Azizi, Muhammad Hildan. “Komunikasi Krisis Internal Integratif Rasulullah Pada Pembagian Ghanimah Hunain.” IN℡EKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 3, no. 2 (2022): 357–78.
Coombs, W. Timothy. “An Analytic Framework for Crisis Situations: Better Responses From a Better Understanding of the Situation.” Journal of Publik Relations Research 10, no. 3 (1 Juli 1998): 177–91. https://doi.org/10.1207/s1532754xjprr1003_02.
———. “Choosing the Right Words: The Development of Guidelines for the Selection of the ‘Appropriate’ Crisis-Response Strategies.” Management Communication Quarterly 8, no. 4 (Mei 1995): 447–76. https://doi.org/10.1177/0893318995008004003.
———. “Choosing the Right Words: The Development of Guidelines for the Selection of the ‘Appropriate’ Crisis-Response Strategies.” Management Communication Quarterly 8, no. 4 (Mei 1995): 447–76. https://doi.org/10.1177/0893318995008004003.
Coombs, W Timothy. “Protecting Organization Reputations During a Crisis: The Development and Application of Situational Crisis Communication Theory.” Corporate Reputation Review 10, no. 3 (1 September 2007): 163–76. https://doi.org/10.1057/palgrave.crr.1550049.
Fadli, Rival, dan Lina Masruuroh. “Komunikasi Krisis Internal Integratif Muhajirin dan Ansar Konteks Pergantian Pemimpin Islam.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 2 (2024): 375–400.
Fanani, Ardian. “Miskomunikasi Pencopotan Papan Nama Muhammadiyah yang Berakhir Kondusif.” detikjatim. Diakses 8 November 2023. https://www.detik.com/jatim/berita/d-5962768/miskomunikasi-pencopotan-papan-nama-muhammadiyah-yang-berakhir-kondusif.
Fatimah, Siti. “EFEKTIVITAS PRESS RELEASE PEMERINTAH DAERAH KABUPATEN GARUT TERHADAP PEMBENTUKAN CITRA PEMERINTAHANNYA DI KALANGAN WARTAWAN.” Jurnal Common 3, no. 1 (7 Agustus 2019): 94–103. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1952.
fyd. “Press Release Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Timur: Papan Nama Muhammadiyah Harus Dipasang Kembali - klikmu.” klikmu - Inspiratif Mencerahkan, 7 Maret 2022. https://klikmu.co/press-release-pimpinan-wilayah-muhammadiyah-jawa-timur-papan-nama-muhammadiyah-harus-dipasang-kembali/.
Hamriani, H. M. “Organisasi dalam manajemen dakwah.” Jurnal Dakwah Tabligh 14, no. 2 (2013): 239–49.
MCCC, Admin. “Klarifikasi Video Vaksinasi Pelayanan Publik Muhammadiyah.” Muhammadiyah Covid-19 Command Center (blog), 1 April 2021. https://covid19.muhammadiyah.id/klarifikasi-video-vaksinasi/.
Morrisan, M. A. “Manajemen Publik Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
M.Si, Rachmat Kriyantono, S. Sos. Publik Relations, Issue & Crisis Management: Pendekatan Critical Publik Relation, Etnografi Kritis & Kualitatif. Kencana, 2015.
Muhammadiyah [@muhammadiyah]. “Press Statement of the Central Board of Muhammadiyah about Human Rights Issues in Xinjiang. Http://Muhammadiyah.or.Id/En/News-18088-Detail-Pernyataan-Pers-Pp-Muhammadiyah-Tentang-Permasalahan-Ham-Di-Xinjiang.Html #Muhammadiyah #Uighur Https://T.Co/Tj7pQ8DSz4.” Tweet. Twitter, 16 Desember 2019. https://x.com/muhammadiyah/status/1206591683451686912.
Muslimin, Khoirul. Jurnalistik Dasar : Jurus Jitu Menulis Berita, Feature Biografi, Artikel Populer, dan Editorial. UNISNU PRESS, t.t.
Nawawi, MPA, M.si, Prof. Dr. H. Ismail. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Dwiputra Pustaka jaya, 2012.
NU Online. “Siapa Bilang NU Diam soal Muslim Uighur?” Diakses 5 Desember 2024. https://nu.or.id/internasional/siapa-bilang-nu-diam-soal-muslim-uighur-YneAB.
Nurasykim, M. Fathir Ma’ruf. “Strategi Rasulullah Dalam Pengembangan Dakwah Pada Periode Mekkah.” PhD Thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, 2019. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/9933/.
Prajarto, Nunung. “EFEKTIVITAS PUBLISITAS: MENILAI REPUTASI INSTITUSI.” Jurnal Ilmu Komunikasi 6, no. 1 (5 Februari 2014): 78–84. https://doi.org/10.31315/jik.v6i1.36.
Purwaningwulan, Melly M. “Publik relations dan manajemen krisis.” Majalah Ilmiah UNIKOM, 2013. https://repository.unikom.ac.id/30386/.
Saputra, Rizky. “Penerapan Situational Communication Crisis Theory bagi Organisasi Dakwah dalam Menghadapi Situasi Krisis.” JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study 6, no. 2 (2020): 190–201.
Semiawan, Prof Dr Conny R. Metode Penelitian Kualitatif. Grasindo, t.t.
SGP. “Geger Muhammadiyah Tampo Cluring, Begini Kronologinya.” PWMU.CO | Portal Berkemajuan (blog), 1 Maret 2022. https://pwmu.co/229736/03/01/geger-muhammadiyah-tampo-cluring-begini-kronologinya/.
———. “Geger Muhammadiyah Tampo Cluring, Begini Kronologinya.” PWMU.CO | Portal Berkemajuan (blog), 1 Maret 2022. https://pwmu.co/229736/03/01/geger-muhammadiyah-tampo-cluring-begini-kronologinya/.
———. “Pengajian Ahad Pagi Diadakan Lagi di Masjid al-Hidayah, Begini Situasinya.” PWMU.CO | Portal Berkemajuan (blog), 13 Maret 2022. https://pwmu.co/231597/03/13/pengajian-ahad-pagi-diadakan-lagi-di-masjid-al-hidayah-begini-situasinya/.
Sonya, Margaretha, dan Nobertus Ribut Santoso. “KARAKTERISTIK PRESS RELEASE PRAKTISI PUBLIK RELATIONS HOTEL DI YOGYAKARTA.” Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna 6, no. 1 (4 Mei 2018): 60–70. https://doi.org/10.30659/jikm.6.1.60-70.
Sugiyono;, Prof DR. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, 2013.
Suherman, Ansar, Moch Imron Rosyidi, dan Erwin Rasyid. “Crisis Communication Model for The Covid-19 Task Force Team of Muhammadiyah in The Epicentrum Region.” Nyimak: Journal of Communication 5, no. 2 (7 September 2021): 167–87. https://doi.org/10.31000/nyimak.v5i2.4008.
Tolapa, Minarni. “PERAN PRESS RELEASE SEBAGAI BENTUK PENYEBARAN INFORMASI PUBLIK DI BAGIAN HUMAS PEMERINTAH KOTA GORONTALO.” Al Qisthi Jurnal Sosial Dan Politik, 2018, 1–13. https://doi.org/10.47030/aq.v8i2.57.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dian Apriyanti, Muhammad Hakam

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.