Peta Teori Semiotika Serta Aplikasi Dalam Penelitian Komunikasi Dakwah

Penulis

  • Alan Surya STID Al-Hadid Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i1.53

Kata Kunci:

Semiotika, Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Peirce, Roland Barthes, Komunikasi Dakwah

Abstrak

Pesan dakwah terkadang disampaikan secara implisit melalui simbol tertentu sehingga perlu semiotik sebagai salah satu alat untuk menggali makna simbol. Teori semiotik yang sering digunakan mengacu pada Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Peirce dan Roland Barthes. Tujuan penelitian ini adalah merumuskan peta teori semiotik serta aplikasi dalam penelitian semiotika pada berbagai media komunikasi dakwah. Metode penelitian yang digunakan adalah deductive-interpretive mencoba menelaah pustaka secara lebih kompleks dengan melihat perkembangan intelektual lapangan termasuk kompleksitas prespektif teori dalam penerapanya. Teori semiotika yang dikaji adalah Ferdinand de Saussure, Charles Sanders Peirce dan Roland Barthes. Hasil penelitian ditemukan bahwa tiap teori semiotik memiliki perbedaan terkait masalah objek kajian yang diteliti. Semiotik Ferdinand de Saussure berkaitan dengan bahasa struktural menghasilkan makna denotatif. Semiotik Charles Sanders Peirce berkaitan dengan memaknai tanda alam dan sosial. Semiotik Roland Barthes berkaitan dengan analisis simbol atau tanda budaya serta menghasilkan makna berupa konotasi yang terkait hegemoni maupun konteks budaya yang melingkupi. Selain itu tiap teori semiotik memiliki framework yang berbeda terkait data yang dibutuhkan, serta metode analisis data untuk menghasilkan maknanya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aris, Mochamad, and Wava Najmi. “Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce Dalam Novel ‘ Titip Rindu Ke Tanah Suci ’ Karya Aguk Irawan” 6, no. 1 (2022): 44–53.

Azizi, Muhammad Hildan. “Visualisasi ‘ Ramadan ’ Dalam Komik Dakwah Facebook The Muslim Show Tahun 2019.” INTELEKSIA-Jurnal Pengembangan Ilmu … 02, no. 02 (2021).

Culler, Jonathan. Saussure. Edited by terj. Rochayah dan Siti Suhayati. Jakarta: Depdikbud, 1996.

Danesi, Marcel. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta: Jalasutra, 2010.

Dian Risky Amalia, Nurina Dyah, Andika Ari dan Umal Alfaruq. “Linguistik Perspektif Ferdinand de Saussure Dan Ibn Jinni,.” Jurnal Al-Fathin 2, no. 2019 (2AD).

Faiz, Fahruddin. “Ngaji Filsafat 134 : Roland Barthes - Semiotika,” 2024. https://www.youtube.com/watch?v=5QUJBjDgviI.

Firmansyah, Sidik. “Pemikiran Filsafat Semiotika Dalam Pemahaman Charles Sanders Peirce Dan Contohnya.” Al-Kauiyah: Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir 3, no. 2 (2022).

Kasim, Rizal Dj, Zainuddin Soga, and Alivia Heratika Mamonto. “Analisis Semiotik Ferdinand de Saussure Terhadap Nilai-Nilai Da ’ Wah Pada Film Nussa Dan Rara” 12 (2022): 196–221. https://doi.org/10.35905/komunida.v7i2.http.

Kurniawan. Semiologi Roland Barthes. Magelang: IndonesiaTera, 2001.

Latifah, Nurul. “Analisis Semiotik Pesan Dakwah Dalam Film Bulan Terbelah Di Langit Amerika.” UIN Syarifhidayatullah, 2016.

Mahdaniar, Alan Surya Fenny. “Peta Teori Hermeneutik Dan Implikasinya Dalam Komunikasi Dakwah.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (2024). https://doi.org/Doi: 10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.

Mubarak, Husni. “Mitologisasi Bahasa Agama: Skripsi: Analisis Kritis Dari Semiologi Roland Barthes.” UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2007.

Muchlisoh, Lilis. “Analisis Semiotika Ferdinand De Saussure Dalam Novel Sangkakala Di Langit Andalusia Karya Hanum Salsabiela Rais Dan Rangga Almahendra.” Al-Qaul: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 3, no. 2 (2024): 126–48.

Mudjiyanto, Bambang, and Emilsyah Nur. “Semiotika Dalam Metode Penelitian Komunikasi Semiotics In Research Method of Communication” 16, no. 1 (2013): 73–82.

Nasrullah, Rulli, and Novita Intan Sari. “Komik Sebagai Media Dakwah : Analisis Semiotika Kepemimpinan Islam d Alam Komik ‘ Si Bujang ’” 6, no. 1 (2012): 24–40.

Nurhasanah, Cholifah. “Analisis Semiotika Makna Berbagi Pada Video Lazismu Berjudul Sarung Berlubang.” INTELEKSIA-Jurnal Pengembangan Ilmu … 02, no. 02 (2021): 327–50.

Piliang, Yasraf Amir. Hipersemiotika: Tafsir Cultural Studies Atas Matinya Makna. Yogyakarta: Jalasutra, 2010.

Sari, Yuli Puspita. “Makna Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu ‘“Deen As - Salam”’ Cover Nissa Sabyan.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi 4, no. 2 (2019).

Sobur, Alex. Analisis Teks Media: Suatu Pengantar Untuk Analisis Wacana. Analisis Semiotik Dan Analisis Framing. 1st ed. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

———. Semiotika Komunikasi. Remaja Rosdakarya, 2006.

Suhandang, Kustadi. Ilmu Dakwah: Perspektif Komunikasi. 1st ed. PT. Remaja Rosdakarya, 2013.

Surya, Alan, and Wahanani Mawasti. “Pemilihan Mad’Uw Dakwah Sirri Nabi Perspektif Segmentasi Dan Targeting.” INTELEKSIA - Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 8, no. 1 (2018): 99–120. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v8i1.120.

Surya, Alan, and Reni Pebriyani. “Representasi Muslim Modern Timur Tengah Dalam Videoklip ‘ Stereotype World : The Middle East Speak UP ! ’” 12, no. 148 (2022).

Surya, Alan, and Refita Prostyaningtyas. “PESAN DAKWAH.” Kedudukan Antar Pesan Dakwah: Studi Ceramah Ustazah Mumpuni Handayekti Dalam Program Aksi Asia 19, no. 1 (2021): 21–37.

Vera, Nawiroh. Semiotik Dalam Riset Dan Komunikasi. 2nd ed. Bogor: Ghalia Indonesia, 2015.

Wahanani Mawasti, and Alan Surya. “Pesan Dakwah Majasi Untuk Meningkatkan Internalisasi Nilai Islam Pada Generasi Milenial.” INTELEKSIA – Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 5, no. 1 (2023): 111–32. doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v5i1.265.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30

Cara Mengutip

Surya, A. (2025). Peta Teori Semiotika Serta Aplikasi Dalam Penelitian Komunikasi Dakwah. Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 3(1), 67–86. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v3i1.53

Terbitan

Bagian

Articles