Retorika Dakwah dalam Ceramah Dennis Lim Berjudul “Akselerasi Taqwa”
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i2.48Kata Kunci:
retorika, ceramah agama Islam, mubaligh, Dennis Lim, YoutubeAbstrak
Retorika sangat diperlukan dalam ceramah untuk memudahkan mad’u menangkap dan menerima pesan-pesan dakwah yang disampaikan. Tulisan ini mengkaji tentang retorika pada ceramah yang disampaikan oleh Dennis Lim. Dai yang viral karena kisah hijrahnya dari seorang bandar judi menjadi seorang penceramah. Meskipun terhitung baru mendalami ajaran agama Islam, namun Dennis Lim dapat menyampaikan ajaran Islam dengan baik dan mengesankan dengan gaya komunikasinya yang santai, bersahabat dan tidak terkesan menggurui. Tujuan studi ini yaitu untuk mengetahui, menganalisis dan mengkonstruksi penerapan retorika dalam ceramah agama Dennis Lim di video Youtube. Teori yang digunakan dalam studi ini teori retorika Jalaludin Rakhmat tentang penyusunan ceramah. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi. Analisis dilakukan terhadap data-data yang telah dideskripsikan berpijak pada teori yang digunakan. Hasil studi menunjukan bahwa Dennis Lim menerapkan retorika pada ceramahnya, hal itu dibuktikan dari pengembangan ceramahnya yang menerapkan teknik penjelasan, teknik contoh, teknik analogi, teknik testimoni, teknik statistik, dan teknik perulangan. Pada pembukaan dan penutupan ceramahnya juga ditemukan teknik-teknik seperti, honourabel, low, kutipan, pujian, pertanyaan provokatif, menyebutkan pokok persoalan, memberikan contoh, mendorong komunikan, dan menjelaskan maksud sebenarnya.
Unduhan
Referensi
Ali Aziz, Moh. Ilmu Dakwah. Jakarta: Prenadamedia Group, 2004.
Arman Alfarizi, Moh.Analisis Gaya Komunikasi Dennis Lim.pdf,”(Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2024)https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/65111/
Aryani, Sabila Nur, Ida Afidah, dan N. Sausan M. Sholeh. “Analisis Pesan Dakwah Koh Dennis Lim Tentang Judi Di Media Sosial Instagram.” Bandung Conference Series: Islamic Broadcast Communication 4, no. 1 (12 Februari 2024): 50–55. https://doi.org/10.29313/bcsibc.v4i1.11461.
Azmia, Ainun Kholifatul. “Profil Biodata Koh Dennis Lim Suami Yunda Faisyah yang Disebut Mirip Song Joong Ki - Mengerti.” Profil Biodata Koh Dennis Lim Suami Yunda Faisyah yang Disebut Mirip Song Joong Ki - Mengerti. Diakses 17 Juli 2024. https://www.mengerti.id/sosok/pr-6647390518/profil-biodata-koh-dennis-lim-suami-yunda-faisyah-yang-disebut-mirip-song-joong-ki.
DataReportal – Global Digital Insights. “Digital 2024: Indonesia,” 21 Februari 2024. https://datareportal.com/reports/digital-2024-indonesia.
Dennis Lim, Mantan Bandar Judi yang Tobat Jadi Pendakwah Usai Nonton Kajian Islam | POV Part 1, 2023. https://www.youtube.com/watch?v=RgY78J8ngaA.
Hojanto, Onky. Public Speaking Mastery. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2013.
KALI INI KELABAKAN KAN KAO USTAD‼️- Denis Lim - Praz Teguh - Podcast, 2023. https://www.youtube.com/watch?v=QCpK1o5-8u0.
Kiswondari. “Profil dan Biodata Dennis Lim, Perjalanan dari Bandar Judi Menjadi Pendakwah.” iNews.ID, 14 Agustus 2023. https://sumut.inews.id/berita/profil-dan-biodata-dennis-lim-perjalanan-dari-bandar-judi-menjadi-pendakwah.
Koh Dennis Lim Mualaf? Kisah Bandar Judi Slot Raih Hidayah di Meja Kasino! #PART1, 2023. https://www.youtube.com/watch?v=qfwmAKPKQKw.
Koum #142 Koh Dennis Lim - Akselerasi Taqwa, 2023. https://www.youtube.com/watch?v=MZAIAw8GcIE.
Lawrence Neuman, W. Metodologi Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.Terj. Edisi 7. Jakarta: Indeks, 2015.
Maarif, Zainul. Retorika Metode Komunikasi Publik. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Prihartanto, Lucky. “Pola Komunikasi Dakwah Sebagai Cerminan Kepribadian Dai.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (19 April 2023): 65–78. https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i01.3.
Rahman, Regi Raisa, Atjep Mukhlis, dan Acep Aripudin. “Retorika Dakwah Ustadz Evie Effendi di Video Youtube.” Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 4(1) (2019): 45–64. https://doi.org/10.15575/tabligh.v4i1.803.
Rakhmat, Jalaluddin. Retorika Modern Pendekatan Praktik. Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya, 1996.
Ridwan, Aang. “Ragam Khitobah Ta’tsiriyah; Sebuah Telaah Ontologis.” Jurnal Ilmu Dakwah 5 No. 17 (17 Juni 2011).
Setyowati, Endang. “Sistem Komunikasi Dakwah di Era Digital Melalui Instagram, Tiktok, Youtube” 7 No.1 (2024). https://doi.org/10.31538/almada.v7i1.4977.
Siregar, Susilowati, Saydina Maya Tanjung, Jirza Raisa Fahira, Dicky Syahputra, A.M Mauludi Tanjung, dan Arif Zidansyah P. “Metode Penyampaian Pesan Dakwah Dennis Lim Melalui Media Sosial Tik-Tok.” Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Keislaman 8 No.1 (2023): 156. http://dx.doi.org/10.31604/muaddib.v8i1.327-333.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.
Wuwur Hendrikus, Dori. Retorika Terampil berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1991.
Yanuar, Deni. “Gaya Retorika Dakwah Ustadz Abdul Somad Pada Ceramah Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Tahun 1440 H Di Mesjid Raya Baiturahman Banda Aceh.” Jurnal Al-Bayan: Media Kajian Dan Pengembangan Ilmu Dakwah 25, no. 2 (31 Maret 2020): 354–85. https://doi.org/10.22373/albayan.v25i2.5269.
Yulianto, Hendra Bagus. “Nalar Kemanusiaan Dalam Retorika Dakwah: Studi Retorika Tri Rismaharini Dalam Penutupan Eks Lokalisasi Dolly.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 1, no. 1 (19 April 2023): 79–98. https://doi.org/10.55372/hikmah.v1i01.6.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Suliyati Suliyati
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.