Komunikasi Persuasif Dakwah Nabi Muhammad Menanggapi Penawaran Menghentikan Dakwah oleh Pemuka Quraisy
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i2.45Abstrak
Peran dai tidak hanya menyampaikan pesan dakwah kepada mad’u. Namun dai harus mampu mengajak dan mempengaruhi mad’u agar mengikuti dan menjalani kebenaran dan kebaikan dari ajaran Allah Swt. Maka Seorang dai membutuhkan kemampuan komunikasi dakwah persuasife untuk mempengaruhi dan meyakinkan mad’u mengikuti pesan dakwahnya. Komunikasi persuasif adalah cabang ilmu komunikasi bertujuan mempengaruhi sikap, kepercayaan, dan perilaku seseorang bertindak sesuai komunikator. Sasarannya, yaitu perubahan kognitif, afektif, dan konatif. Tujuan studi ini adalah menganalisa model komunikasi persuasife dakwah Nabi Muhammad kepada Abu Tholib. Jenis studi adalah kualitatif deskriptif melalui pendekatan historis. Sumber data dari buku Sejarah Hidup Muhammad karya Muhammad Husain Haekal. Pengumpulan data dengan cara pengkajian dokumen. Analisa menggunakan teori komunikasi persuasif Onong Uchjana dan Teori Gerald R. Miller. Hasil studi ini menunjukkan teknik komunikasi persuasif oleh Nabi Muhammad kepada pamannya Abu Thalib. Teknik asosiasi dibuktikan dengan pemaparan kondisi Nabi Muhammad saat itu. Teknik Integrasi dibuktikan dengan penyampaian bahwa ikatan keluarga harus saling membela dan melindungi. Teknik Pay-Off dibuktikan dengan balasan kebaikan, keselamatan dunia dan akhirat apabila ikut gerakan menegakkan agama Islam. Teknik Fear- Arrousing dibuktikan dengan penggambaran psikologi Nabi Muhammad. Dan teknik Icing dibuktikan dengan penggambaran menguatkan suatu kata.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Didit Krisdianto
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.