Quora sebagai Media Dakwah Bil Qalam: Analisis Karakteristik dan Strategi Penggunaannya
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i2.43Kata Kunci:
dakwah bil qalam, Media Dakwah, media sosial QuoraAbstrak
Tulisan ini dibuat berdasarkan kebutuhan penulisan pesan dakwah di media sosial secara mendalam, argumentatif, dan bisa dipertanggungjawabkan sehingga pesan dakwah bisa diterima dengan baik oleh mad’u yang memiliki minat terhadap literasi dakwah. Quora dianggap sebagai media sosial yang memiliki karakteristik yang bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seperti memiliki pengguna yang tersegmentasi; jumlah pengguna yang selalu meningkat per tahun; fitur tanya jawab yang bisa dimanfaatkan untuk menuliskan pesan dakwah; jumlah karakter penulisan jawaban yang tidak terbatas; serta fitur ruang yang memungkinkan antar pengguna saling mendiskusikan topik yang sama. kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik media sosial Quora dan menganalisis penggunaannya untuk kepentingan dakwah bil Qalam. Harapannya, penilitian ini bisa dimanfaatkan untuk para praktisi dakwah yang membutuhkan banyak ruang untuk menuliskan pesan-pesan dakwah secara mendalam, argumentative, dan bisa dipertanggungjawabkan. Tulisan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik adaptasi teori. Kajian ini menghasilkan suatu temuan bahwa penggunaan Quora sebagai media dakwah diantaranya adalah memanfaatkan fitur pemilihan topik untuk menentukan mad’u; seting kredibilitas da’i melalui fitur profiling; penulisan pesan dakwah yang mendalam serta publikasi tulisan melalui pemanfaatan fitur tanya jawab, komentar, serta fitur ruang.
Unduhan
Referensi
Aminudin, Aminudin. “Media Dakwah.” Al-MUNZIR 9, no. 2 (24 Maret 2018): 192–210. https://doi.org/10.31332/am.v9i2.786.
Anggraeni, Dinar Safa. “Quora: Situs Komunitas Tanya Jawab Sebagai Medium Diskursus Ruang Publik” 02, no. 01 (Januari 2023).
CharacterCounter.com. “TikTok Character Counter - Check your TikTok character length and more!” Diakses 18 Juli 2024. https://charactercounter.com/tiktok.
Clinten, Bill, dan Wahyunan Kusuma Pertiwi. “Pengguna Twitter Kini Bisa ‘Ngetwit’ hingga 4.000 Karakter, tapi...” Kompas.com, Nopember 2023. https://tekno.kompas.com/read/2023/02/09/09000017/pengguna-twitter-kini-bisa-ngetwit-hingga-4.000-karakter-tapi-.
Dameron, Bethany. “Social Media Posts Character Counts 2024.” UpContent, 22 Februari 2023. https://www.upcontent.com/blog/post/social-media-posts-character-counts.
Farihah, Irzum. “Media Dakwah Pop.” AT-TABSYIR, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam 01, no. 02 (Desember 2013).
Fauzana, Rusyda. “Strategi Komunikasi Dakwah Bil Qalam Komunitas Revowriter Di Media Digital.” Idarotuna 3, no. 3 (31 Oktober 2021): 229–45. https://doi.org/10.24014/idarotuna.v3i3.16440.
Hafiar, Hanny, dan dkk. Gagasan Komunikasi Untuk Negeri. Purwokerto: Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Unsoed, 2020.
Hamdan, Hamdan, dan Mahmuddin Mahmuddin. “Youtube Sebagai Media Dakwah.” Palita: Journal of Social Religion Research 6, no. 1 (29 April 2021): 63–80. https://doi.org/10.24256/pal.v6i1.2003.
Harianto, Yudi Asmara. “Prospek Dakwah Bil Qalam di Era New Media.” Bil Hikmah: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 2, no. 1 (30 Januari 2024): 151–68. https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i1.27.
Hill, Matthew. “What Is the Maximum Length of an Answer on Quora?” Quora. Diakses 30 Juni 2024. https://www.quora.com/What-is-the-maximum-length-of-an-answer-on-Quora.
Howarth, Josh. “Top 35 Social Media Platforms (July 2024).” Exploding Topics, 1 Juli 2024. https://explodingtopics.com/blog/top-social-media-platforms.
Jaakkola, Elina. “Designing Conceptual Articles: Four Approaches.” AMS Review 10, no. 1–2 (Juni 2020): 18–26. https://doi.org/10.1007/s13162-020-00161-0.
jarski, Veronica. “The Ideal Word Counts for Social Media Posts [Infographic].” MarketingProfs. Diakses 18 Juli 2024. https://www.marketingprofs.com/chirp/2016/29671/the-ideal-word-counts-for-social-media-posts-infographic.
Kango, Andries. “Jurnalistik Dalam Kemasan Dakwah.” Jurnal Dakwah Tabligh 15, no. 1 (2014).
Kompasiana. “Media Sosial yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia 2024 - Kompasiana.com,” 13 Maret 2024. https://www.kompasiana.com/mallawa/65f117a6147093327e346a25/media-sosial-yang-paling-benyak-digunakan-di-indonesia-2024#google_vignette.
Laucereno, Sylke Febrina. “Adam D’Angelo, Bekas Pegawai Facebook yang Sukses Bikin Quora.” Detik Finance, 17 Juli 2020. https://finance.detik.com/sosok/d-5096768/adam-dangelo-bekas-pegawai-facebook-yang-sukses-bikin-quora.
Muchlis, Sri. “WhatsApp Sebagai Media Dakwah Penyuluh Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19.” JURNAL SIMBOLIKA Research and Learning in Communication Study 6, no. 2 (30 Oktober 2020): 134–42. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i2.4033.
Nur, Dalinur M., dan Candra Darmawan. “Metode Dakwah Rasulullah SAW Kepada Golongan Non Muslim Di Madinah.” Wardah 18, no. 1 (27 September 2017): 80–93. https://doi.org/10.19109/wardah.v18i1.1434.
Prilatmoko, Purwo. “Unsur-Unsur Dakwah Nabi Muhammad pada Keluarganya Bani Hasyim.” INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 2 (5 Desember 2022): 313–36. https://doi.org/10.55372/inteleksiajpid.v4i2.215.
Puspitarini, Dinda Sekar, dan Reni Nuraeni. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House).” Jurnal Common 3, no. 1 (7 Agustus 2019): 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950.
Quora Account, Official. “How Do I Get Started Using Quora?” Quora Help Center, Mei 2021. https://help.quora.com/hc/en-us/articles/115004145086-How-do-I-get-started-using-Quora.
———. “How Do I Promote an Answer?” Quora Help Center, Nopember 2021. https://help.quora.com/hc/en-us/articles/360019983972-How-do-I-promote-an-answer.
———. “Tentang Kami - Quora.” Diakses 27 Juni 2024. https://id.quora.com/about.
———. “What Does a Good Answer on Quora Look like? What Does It Mean to ‘Be Helpful’?” Quora Help Center, 23 Juni 2022. https://help.quora.com/hc/en-us/articles/360000470546-What-does-a-good-answer-on-Quora-look-like-What-does-it-mean-to-be-helpful.
———. “What Does ‘Request Answers’ Mean and How Does It Work?” Quora Help Center, 24 Maret 2021. https://help.quora.com/hc/en-us/articles/360057977972-What-does-Request-Answers-mean-and-how-does-it-work.
Rahmadani, Andi, dan Syamsul Sodiq. “Pemanfaatan Media Sosial Quora Untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI.” Bapala 08, no. 04 (2021).
Rina, Rina, Erfian Syah, dan A. D. Kusumaningtyas. “Analisis Pesan Dakwah Dalam Novel Religi.” Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies 3, no. 1 (30 Januari 2022): 15–41. https://doi.org/10.52593/mtq.03.1.02.
Shewale, Rohit. “Detailed Quora Statistics: All-Time Stats & Data (2024).” DemandSage (blog), desember 2023. https://www.demandsage.com/quora-statistics/.
Simmonds, Ross. “21 Quora Statistics Marketers Need to Know For 2024,” Desember 2023. https://foundationinc.co/lab/quora-statistics/.
Syarifudin, Achmad. “Facebook Sebagai Media Dakwah Islam.” Wardah 15, no. 1 (2014): 67–77. https://doi.org/10.19109/wardah.v15i1.207.
Watie, Errika Dwi Setya. “Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media).” Jurnal The Messenger 3, no. 2 (23 Maret 2016): 69–74. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Fitri Mujianti
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.