Teknik Bantahan Billati Hiya Akhsan dalam Komunikasi Dakwah: Studi Kasus Bantahan Nabi Ibrahim
DOI:
https://doi.org/10.55372/bilhikmahjkpi.v2i2.41Kata Kunci:
Teknik Bantahan, Billatî hiya akḫsan, Nabi IbrahimAbstrak
Mad’u dalam menerima komunikasi dakwah ada yang mudah dan ada yang melakukan penyangkalan. Terhadap mad’u yang menyangkal, Allah dalam QS. An Nahl: 125 menunjukkan metode membantah billatî hiya akḫsan, sehingga ma’du atau orang yang mengikuti mad’u atau khalayak luas yang melihat dapat menerima penyampaian pesan dakwah, minimal mad’u tersebut tidak mampu menyangkal kembali sehingga tidak menghambat aktifitas dakwah. Sedangkan terkait teknik bantahan billatî hiya akḫsan Allah menunjukkan bantahan Nabi Ibrahim a.s kepada ayah, kaumnya, dan Raja Namrud. Sebab itu dibutuhkan analisis terhadap bantahan Nabi Ibrahim a.s berupa bentuk, jenis teknik, dan operasionalnya. Tujuannya mendapatkan teknik bantahan billatî hiya akḫsan baik bentuk, jenis teknik, dan operasionalnya sebagai landasan komunikasi dakwah yang menghadapi penyangkalan dari mad’u. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi dokumen, dan menggunakan teori bantahan sebagai pijakan analisis. Hasil temuan menunjukkan Nabi Ibrahim a.s. menggunakan bentuk bantahan substantive dan offensive, dengan teknik tes bukti secara riil dan tes bantahan khusus yaitu teknik dilema dan membalik meja secara total. Nabi Ibrahim a.s. dalam menggunakan teknik bantahan billatî hiya akḫsan mengikuti status, pemahaman, dan keadaan masing-masing mad’unya baik ayah, kaumnya dan Raja Namrud.
Unduhan
Referensi
Aida, Nur. “Teknik Argumentasi Nabi yang Diajarkan Allah Untuk Menjawab Berbagai Tuduhan Quraisy.” INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 4, no. 1 (4 Juni 2022): 25–50.
Ali, Muhammad. Sejarah Para Nabi: Studi Banding Al-Qur’an & Al-Kitab. Jakarta Pusat: Darul Ku-tubil Islamiyah, 2007.
Alina, Imamatul Ikmaliya, dan M. Mukhid Mashuri. “Penafsiran Quraish Shihab Terhadap Ayat Mujadalah Dalam Tafsir Al-Misbah.” Mafhum 4, no. 2 (2019): 32–38.
Aliyudin. “Prinsip-Prinsip Metode Dakwah Menurut Al-Quran.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies 5, no. 16 (2010): 181–96.
Amrullah, Abdulmalik Abdulkarim. Tafsir Al-Azhar. Vol. 3. Singapura: Pustaka Nasional, 1982.
Arifin, Zaenal. “Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kisah Penyembelihan Nabi Ibrahim Terhadap Nabi Isma’il.” AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman 18, no. 02 (2022): 53–69.
Aziz, Moh. Ali. Ilmu Dakwah: Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media Group, 2016.
Baaz, ’Abdul ’Azeez ibn ’Abdullaah ibn. Words of Advice Regarding Da’wah. Birmingham: Al-Hidaayah Publishing and Distribution, 1998.
Bahreisy, H. Salim. Sejarah Hidup Nabi-Nabi. Surabaya: Bina Ilmu, 2011.
Budiono, Tri Djoyo. “Pola Argumentasi Dalam Metode Dakwah Mujadalah Nabi Ibrahim.” IN-TELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 2, no. 1 (30 Juli 2020): 1–26.
Departemen Agama RI. al - Qur’an dan Tafsirnya. Vol. III. Jakarta: Widya Cahaya, 2011.
Fahri, Muhammad. “Metode Pengajaran Tauhid Nabi Ibrahim As.” AT-TADIB 1, no. 3 (2015): 366–286.
Freeley, Austin J, dan David L Steinberg. Argumentation and Debate: Critical Thinking for Rea-soned Decision Making,. 12 ed. Boston: Lyn Uhl, 2009.
Harahap, Sovia, Fery Fadli, dan Siti Ardianti. “Perspektif Nabi Ibrahim ‘Alaihissalam Sebagai Bapak Para Nabi.” LECTURES: Journal of Islamic and Education Studies 2, no. 2 (22 Juli 2023): 104–10.
Hidayat, Ahmad, dan Dedy Pradesa. “Mengelola Energi Spiritual Bagi Dai’: Belajar dari nabi Ibra-him.” INTELEKSIA: Jurnal Pengembangan Ilmu Dakwah 3, no. 1 (31 Juli 2021): 1–26.
Ilaihi, Wahyu. Komunikasi Dakwah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.
Jufri, Muhammad Arman Al. “The Art of Debating by the Prophet Ibrāhīm: Analysis of Ma’nā cum maghzā’s Approach to Q. 2: 258.” AL QALAM 39, no. 1 (Juni 2022): 76–91.
Katsir, al Hafizh Ibnu. Kisah Para Nabi dan Rasul. Jakarta Timur: Pustaka as-Sunnah, 2007.
Laycock, Craven, dan Robert Leighton Scales. Argumentation and Debate. London: The Macmil-lan Company, 1905.
Moleong, Lexy J. Metodology Penelitian Kualitatif. Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015.
Muhammadin, Fajri Matahati, Vitri Sekarsari, Mohammad Fikri Pido, Keinesasih Hapsari Puteri, Rangga Dian Fadillah, Karlina Denistia, Muhammad Rifky Wicaksono, dkk. Handbook for Competitive Debating: Asian Parliamentary Format (Third Edition). 3 ed. Jogjakarta: Jogja Debating Forum, 2014.
Munir, M, Harjani Hefni, Elvi Hudriyah, Elidar Husein, Faizah, Lilih Rahmawati, Zuni Nurrochim, dkk. Metode dakwah. Jakarta: Kencana, 2003.
Ridla, M Rosyid, Afif Rifa’i, dan Suisyanto. Pengantar Ilmu Dakwah: Sejarah, Perspektif, Dan Ruang Lingkup. Yogyakarta: Samudra Biru, 2017.
Romli, Asep Syamsul M. Komunikasi Dakwah Pendekatan Praktis. Bandung: ASM. Romli, 2013.
Septiyani, Alfrida Dyah. “Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Nabi Ibrahim.” Jurnal Studia Insania 7, no. 2 (30 November 2019): 135–43. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i2.3259.
Shaw, Warren Choate. The Art of Debate. USA: Norwood Press, 1992.
Shihab, M Quraish. Tafsir Al Mishbah. Vol. 7. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
———. Tafsir Al Mishbah. Vol. 8. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
———. Tafsir Al Mishbah. Vol. 4. Jakarta: Lentera Hati, 2002.
———. Wawasan Al-Qur’an. Bandung: Mizan, 1996.
Shihab, M Quraish, Nasarudin Umar, Muchlis M. Hanafi, Sahabudin, A. Yusuf Baihaqi, Irfan Mas’ud Abdullah, dan Salim Rusydi Cahyono. Ensiklopedia Al-Qur’an: Kajian Kosakata. Jakarta: Lentera Hati, Pusat Studi al-Qur’an, Paguyuban Yayasan Ikhlas, 2007.
Sinnot-Armstrong, Walter, dan Robert Fogelin. Understanding Arguments: An Introduction to Informal Logic. 9 ed. USA: Nelson Education, Ltd., 2015.
Siren, Nor Raudah, Badlihisham Mohd Nasir, Rohaily Abd Rahman, dan Ashraf M. Zedan. “Rhet-oric Al-Mujadalah of Nabi Ibrahim AS in The Quran.” QURANICA-International Journal of Quranic Research 8, no. 1 (2016): 73–90.
Usman. “Debat Sebagai Metode Dakwah.” Jurnal Ilmiah Dan Komunikasi AL-MUNIR 1, no. 2 (Ok-tober 2009): 76–98.
Yakub, Ali Mustafa. Sejarah dan Metode Dakwah Nabi. Jakarta: PT Pustaka Firdaus, 1997.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Hendriyono Hendriyono
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Jurnal ini berlisensi Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0)
Penulis yang melakukan publikasi di jurnal ini setuju kriteria-kriteria sebagai berikut ini:
- Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Atribut Berbagi Serupa 4.0 Internasional (CC BY-SA 4.0) yang memungkinkan orang lain untuk membagikan karya tersebut dengan pengakuan atas penulisan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
- Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke penyimpanan institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
- Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat mengarah pada pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.